Antisipasi Lonjakan Pengunjung Pasca Lebaran, Polres Musi Rawas Intensifkan Pengamanan Objek Wisata 

MUSI RAWAS-Siapa yang tidak kenal objek wisata Danau Aur terletak di Kecamatan Sumberharta, dan baru-baru muncul objek wisata baru yakni Waterboom Kolam Renang, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura), tentunya menjadi tujuan para pengunjung/wisata untul mengunjunginya disaat liburan.

 

Maka dari itu sejak digelarkan, Operasi Ketupat Musi 2024, guna meningkatkan pengamanan dan pelayanan mendirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, diantaranya Pos Pengamanan di objek wisata Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang, agar terciptanya situasi yang aman, nyaman dan kondusif.

Bertepatan dengan H+4 para personel Polres Mura bersama dengan personel gabungan meliputi Kodim 0406 Lubuklinggau, Pemda Mura meliputi Sat Pol PP Damkar, Dishub, Dinkes, BPBD dan OPD lainnya, tetap siaga melakukan pengamanan di objek wisata Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang.

 

Maka dari itu untuk mengetahui situasi sekaligus kondisi di objek wisata Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, beserta para PJU Polres Mura, melakukan monitoring sekaligus pengecekan di kedua objek wisata tersebut.

 

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi Wakapolres, Kompol Harsono SH, saat dikonfirmasi, Sabtu (13/4/2024).

 

“Sejak, dimulainya, Operasi Ketupat Musi 2024, selama 13 hari, dimulai, Kamis (4/4/2023), hingga, Sabtu (16/4/2023), para personel Polres Mura dan personel gabungan telah melaksanakan tugas pengamanan, termasuk juga di objek wisata Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang,” kata Kapolres.

 

Kapolres menjelaskan, pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada para pengunjung yang berkunjung ke objek wisata Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang.

 

“Kami (Polres Mura), bersama personel gabungan, telah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di objek wisata agar para pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan tenang,” jelas suami Ny Meita Andi

 

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, selain penempatan personel di objek wisata, Polresta Mura, juga meningkatkan patroli di sekitar kawasan wisata dan jalan-jalan utama yang menuju ke tempat-tempat tujuan liburan.

 

“Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, dan tindak kekerasan lainnya,” ucapnya

 

Kapolres menghimbau, kepada pengunjung/masyarakat agar tetap waspada dan melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada petugas kepolisian. Selain itu, mengajak pengunjung/masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar.

 

“Pengamanan ini diharapkan dapat menciptakan suasana liburan yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata. Selain itu juga berharap agar semua pihak dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama libur lebaran demi terciptanya suasana yang aman, nyaman dan kondusif,” papar Kapolres.

 

Sementara itu, Kasat Lantas, AKP Saharudin SH dilokasi objek wisata Danau Aur, mengatakan bahwa untuk jalur lalulintas lancar dan kondusif, karena telah menyiagakan personel Satlantas, untuk mengatur lalulintas, guna mencegah terjadinya kemacetan lalulintas.

 

“Sampai saat ini, arus lalulintas diseputaran objek wisata khususnya di Danau Aur dan Waterboom Kolam Renang, masih lancar karena telah menyiagakan personel. Kami juga menghimbau kepada para pengunjung/masyarakat yang akan berkunjung untuk mematuhi lalulintas guna mencegah terjadinya kemacetan,” ucap Kasat Lantas

 

Secara tepisah, Kapolsek Megang Sakti, Iptu Fauzan Aziman SH, mengatakan personel Polsek Megang Sakti, Polres Mura, juga mensiagakan personel di lokasi objek wisata kolam renang Farhan Megang Sakti.

 

Selain melakukan pengamanan pada lokasi dan pintu masuk lokasi kolam renang, personel Polsek Megang Sakti, juga menghimbau kepada para pengunjung agar tetap waspada dan tetap memperhatikan anak-anaknya agar selalu berada dalam pengawasan orang tuanya.

 

“Walaupun petugas dari pemilik kolam renang juga disiagakan di seputar areal kolam renang maupun di kantong-kantong parkir, kami juga personil Polsek Megang Sakti mengingatkan kewaspadaan pengunjung agar mengamankan barang-barang yang dibawa dan mengunci kendaraan dengan kunci pengamanan tambahan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan