Batang Peduli, UPZ Bersama Baznas Salurkan Bantuan Terdampak Banjir Demak

Batang,- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Batang bersama lembaga amil zakat dari organisasi kemasyarakatan menyalurkan bantuan. Kali ini bantuan yang dikirim berupa kebutuhan pokok serta pakaian layak pakai, kepada warga terdampak banjir di wilayah Kabupaten Demak dan sekitarnya.

 

Bantuan terkumpul sejak sepekan lalu dan rencananya akan langsung didistribusikan ke Kantor Kemenag Demak. Selanjutnya untuk disalurkan pada daerah-daerah yang sangat terdampak banjir, menggunakan truk Kodim 0736/Batang.

Ketua UPZ Kantor Kemenag Batang Siswoyo mengatakan, hampir seluruh bantuan berwujud barang, karena menyesuaikan kebutuhan warga yang terdampak. “Makanya kami putuskan memberi bantuan berwujud barang kebutuhan sehari-hari,” terangnya, saat ditemui, di Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Kamis (22/2/2024).

 

Bantuan yang diberikan jika dinominalkan uang sebesar Rp. 88 juta dari Baznas, UPZ Kemenag, UPZ Pemkab Batang, Lazisnu, Lazismu dan Lazis Tazakka Bandar serta UKM Halal. Bantuan diwujudkan berupa peralatan mandi, beras, makanan ringan, obat-obatan, susu, mi instan dan sembako.

 

“Sampai sejauh ini hanya bantuan berwujud barang karena bantuan finansial seluruhnya sudah diberikan oleh Baznas Jateng dan pusat. Tapi jika ada warga yang masih ingin membantu bisa disalurkan ke Kemenag Batang Peduli di nomor rekening Bank Jateng 3032 2389 97,” bebernya.

 

Bagi warga yang ingin membantu pada pekan depan , akan difokuskan untuk penanganan pasca bencana di Kecamatan Karanganyar dengan dampak terparah.

 

Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum dan SDM Baznas Batang, Muntoro Abdurrohman menerangkan, bantuan diprioritaskan barang.

“Di antaranya yang paling dibutuhkan adalah makanan siap saji juga sembako. Serta obat-obatan.” tegasnya.

 

Bantuan seluruhnya berasal dari dana zakat, baik dari ASN Kemenag. Pemda maupun masyarakat umum melalui peran lembaga penyalur zakat. (Bam’s)

Tinggalkan Balasan