Berawal dari Sosialisasi, Menuju Pemilu Bersih dan Transparan di OKU Selatan

Muaradua – mata elang Nusantara.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Selatan baru-baru ini menggelar acara sosialisasi yang sangat informatif dan interaktif tentang pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif sebagai persiapan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

 

Acara tersebut dihadiri, oleh lebih dari 80 peserta dari berbagai lapisan masyarakat yang sangat antusias dan proaktif. Selasa (30/1/2024).

 

Peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan formal seperti lurah, kepala lingkungan, dan anggota pramuka, tetapi juga masyarakat umum seperti mahasiswa, penyandang disabilitas, PSHT, dan siswa dari SMK.

 

Seluruh peserta aktif terlibat dalam diskusi dan presentasi materi, sehingga acara sangat interaktif dan menghibur.

 

Arief Andi selaku Ketua Pelaksana dalam sambuatannya menyampaikan, mohon maaf atas tidak jehadirannya Ketua Bawaslu OKU Selatan, dikarenakan ada urusan dinas luar di Semarang.

 

Salah satu tujuan utama acara ini adalah, untuk memberikan edukasi agar masyarakat lebih aktif dalam pembangunan dan pengawasan masyarakat di Pemilu 2024 mendatang.

 

“Acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang proses dan tahapan pemilu, serta tentang cara terbaik untuk berpartisipasi dalam pengawasan dan pelaporan pelanggaran,” terangnya.

 

Selama acara, materi disampaikan oleh Hernila Fitri S.I.P., sebagai Kordiv Pencegahan, dan para anggota KPU yang memberikan penjelasan mengenai tahapan pemilu, sementara narasumber dari Kominfo memberikan pemahaman mengenai berita di media sosial.

 

Para peserta juga, mengikuti sesi diskusi dalam kelompok kecil, di mana mereka dapat berbagi pandangan dan pengalaman mereka tentang pemilu.

 

Tidak hanya itu, MoU juga ditandatangani bersama FKUB, Ormas, dan Media, menunjukkan dukungan dan kerjasama yang kuat untuk pemilu yang bersih dan transparan.

 

Acara ini dibiayai oleh DIPA Bawaslu OKU Selatan tahun 2024, menunjukkan komitmen Bawaslu untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan efektif.

 

Kegiatan yang sangat informatif, interaktif, dan menyenangkan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang tahapan pemilu dan mengawal prosesnya dengan baik.

 

Selain itu, diharapkan juga dapat memacu semangat partisipasi masyarakat dalam memperjuangkan hak pilih mereka dan menjadikan pemilu sebagai momen penting dalam pembangunan masyarakat.

 

Reporter: (Ran/Iin)

Tinggalkan Balasan