Bersama Forkopimda Kota Dumai Kapolres AKBP Dhovan Oktavianto,Tinjauan Kesiapan Pos Pengamanan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023

DUMAI – Untuk memastikan kesiapan personel gabungan pengamanan, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si bersama Forkopimda Kota Dumai melakukan peninjauan kesiapan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diwilayah Kota Dumai, Senin (25/12/2023).

 

Adapun pos yang dikunjungi oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si bersama Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antony Tri Wibowo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Dumai Yudha Pratama Putra, S.STP dan Kasat Lantas Polres Dumai AKP Lily Sulfiani, S.I.K diantaranya Pos Pengamanan Ramayana dan Pos Pelayanan Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan Kota Dumai.

 

Dalam pelaksanaan pengecekan Pos Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Walikota Dumai bersama unsur Forkopimda juga memberikan bingkisan berupa makanan dan minuman untuk personel yang sedang bertugas menjaga Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai.

Usai pengecekan Pos Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Kapolres Dumai bersama Forkopimda Kota Dumai juga meninjau pengamnaan dan pelaksanaan ibadah Natal 2023 di beberapa Gereja Kota Dumai.

 

Saat ditanyai, Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri dan Instansi Vertikal yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Dumai dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

“Dari hasil pengecekan, pelayanan dan pengamanan pada perayaan Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024 berjalan aman, lancar, nyaman tanpa kendala yang berarti,” kata Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS.

 

Terkait arus mudik Nataru, Walikota Dumai mengungkapkan di beberapa titik seperti Pelabuhan Roro Dumai–Rupat dan Lintas Dumai–Sungai Pakning bisa dibilang padat. Namun secara umum, kondisi lalu lintas berjalan lancar dan aman.

 

Melalui pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai yang telah berjalan mulai 22 Desember 2023 lalu, berbagai kepadatan arus lalu lintas mampu diatasi dengan beragam rekayasa lalu lintas.

 

“Kami mengimbau kepada segenap masyarakat Kota Dumai untuk tetap menjaga kondusifitas. Insyaallah perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Dumai Kota Idaman dapat berjalan aman dan lancar,” imbuhnya.

 

Kemudian alam kesempatan tersebut, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menjelaskan, bahwa kegiatan kunjungan ke pos-pos ini dilaksanakan guna memastikan kesiap-siagaan personel yang disiagakan serta memberikan semangat agar personel gabungan senantiasa tulus ikhlas bekerja memberikan pelayanan dan pengamanan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Selain itu, pelaksanaan tersebut juga dalam rangka cooling system untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024.

 

Pasalnya berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bertepatan dengan tahapan Pemilu 2024. Sehingga seluruh personel yang terlibat Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 dituntut lebih ekstra dalam hal pengamanan guna menjamin kelancaran dan keamanan liburan dan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan menciptakan Pemilu 2024 yang aman, lancar, damai, tertib dan kondusif.

 

Menurut Kapolres Dumai, seluruh Pos Pam dan Pos Yan Ops Lilin Lancang Kuning 2023 Polres Dumai telah beroperasi dengan baik, bahkan Pos Pam Ramayana dan Pos Pam Gerbang Tol Dumai – Pekanbaru akan dijaga dan memberikan pelayanan selama 24 jam penuh. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan aman dan nyaman.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil yang telah berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 ini memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya kita memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ucap Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.(BG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *