Bung Ramson Siagian, Distribusikan Bantuan Konversi BBM ke BBG Pompa Air Bagi Petani di Pemalang

Pemalang | Kementerian ESDM bekerjasama dengan Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Jawa Tengah X dari Fraksi Gerindra, Ramson Siagian mendistribusikan bantuan paket program konversi BBM ke BBG untuk mesin pompa air bagi petani sasaran Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Pemalang.

 

Acara penyerahan bantuan bertempat di kantor BPP Pertanian Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Kamis (26/10/2023) dan dihadiri oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Budi Santosa, perwakilan General Manager Pertamina Jateng, A. Fernando, tim konsultan pengawas, tim penyedia dari PT Draco dan Shark dan para petani penerima manfaat.

Seusai acara, Anggota DPR RI, Ramson Siagian mengatakan pendistribusian bantuan program paket konversi BBM ke BBG untuk mesin pompa air ini merupakan program kerjasama antara dirinya dengan Kementerian ESDM RI bagi para petani di daerah pemilihannya, khususnya di Kabupaten Pemalang.

 

“Khusus di Kabupaten Pemalang sebanyak 950 unit, dengan nanti penyerahan tentunya per hari sekitar 100 unit, karena semua administrasi harus lengkap, termasuk (penandatanganan surat) pernyataan bahwa tidak ada pungutan satu rupiah pun. Karena tim, saya yang berikan transportnya,” kata Ramson Siagian kepada sejumlah wartawan.

 

Ramson menghimbau para petani penerima bantuan mesin pompa air supaya membantu petani lainnya yang belum memiliki mesin pompa air dengan meminjamkannya untuk mengairi sawahnya.

 

“Ya dibantu, dipinjamkan tapi tidak boleh lewat tengah malam, harus langsung dikembalikan,” pesan Ramson.

 

Dia mengatakan, penggunaan mesin pompa air yang energinya sudah dikonversi dari bahan bakar ke BBG dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan petani untuk mengairi sawahnya.

 

“Jadi kita ingin agar produksi pertanian di Kabupaten Pemalang itu meningkat. Sehingga cost energinya menurun, karena kalau BBM dibandingkan dengan LPG itu jauh lebih rendah cost LPG kira-kira 30 persen dari cost sebelumnya. Jadi akan menambah keuntungan dari para petani,” tandasnya. (Zen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *