Bupati Dolly Pasaribu Beri Indahan Upa-Upa Ke Calhaj Setdakab Tapsel 

TAPSEL-SUMUT//mataelangnusantara.com-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu memberi indahan upa-upa kepada para Calon Jemaah Haji (Calhaj) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel) di rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda), Komplek Perkantoran Pemerintahan Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (8/5).

 

Pemberian indahan upa-upa merupakan sebuah tradisi di tanah Angkola termasuk juga Kabupaten Tapanuli Selatan, dimana hal tersebut merupakan suatu bentuk acara permintaan doa atau nasihat dengan harapan setelah upa-upa diberikan kesehatan dan keselamatan, juga diharapkan mendapat perlindungan dan keberkahan, ujarnya.

 

“Tradisi upa-upa tersebut sudah ada sejak dulu yang terus menerus dilestarikan hingga saat ini di daerah tanah Angkola khususnya, Indahan pangupa sendiri bermakna nasihat dan do’a dalam hal ini menjadi penyemangat bagi calon haji Setdakab,” lanjutnya.

 

Bupati mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jemaah haji Setdakab Tapsel antara lain, Sekda Tapsel Sofyan Adil bersama Ketua DWP, Kabag Tapem Yohanes bersama istri dan Kasubbag pada Bagian ULP Jonhar bersama istri.

Selama 40 hari melaksanakan ibadah haji, Dolly berharap agar para jemaah haji dijauhkan dari segala larangan haji, dan semoga calon jemaah haji Tapsel diberi pertolongan dari Allah SWT.

 

“Kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT mempermudah, dan membuka jalan bagi seluruh jemaah haji Tapsel untuk melaksanakan rukun dan wajib haji, begitupun sunnah-sunnahnya,” tutur Dolly.

 

Dolly juga mendoakan selama pelaksanaan haji nantinya para jemaah asal Tapsel diberikan kesehatan, yang paling utama cocok dengan iklim cuaca, suasana dan makanan di tanah suci sehingga mendapatkan kekuatan saat melaksanakan ibadah haji.

 

Disamping itu, Dolly juga berpesan kepada para ASN dan anggota DWP Setdakab Tapsel agar melaksanakan kurban di Idul Adha mendatang.

 

Sudah menjadi kebiasaan Pemkab Tapsel berbagi kurban di desa terpencil, muslim menjadi minoritas di sana, daerah tersebut tidak ada yang berkurban dan mungkin pendapatan masyarakat di sana sedang tidak baik sehingga semangat berbagi di hari raya ini kita gelorakan, tutupnya.

 

Selanjutnya, Penasihat DWP Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu turut mendoakan para cara calon jemaah haji agar senantiasa diberikan kesehatan saat melaksanakan ibadah haji dimulai dari persiapan, sampai pelaksanaan ibadah haji hingga kembali ke tanah air.

 

“Insya Allah selalu diberi kesehatan, itu yang paling kita harapkan dari Bapak/Ibu semua yang akan berangkat nantinya,” pinta Rosalina.

 

Kemudian Rosalina juga menambahkan dengan kondisi tubuh yang sehat pada saat melaksanakan ibadah haji, dan segala urusannya pun lancar sehingga tidak ada ketinggalan apapun yang nantinya dapat membuat kita kekurangan saat melaksanakan ibadah haji.

 

Rosalina juga menitipkan harapan bagi yang belum dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji kiranya mendapat kesempatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji yang seraya di aminkan oleh seluruh ASN dan THL Setdakab Tapsel.

 

Sementara itu, Sekda Tapsel Sofyan Adil yang mewakili calon jemaah haji mengucapkan terima kasih terkhusus kepada Bupati Dolly Pasaribu yang telah memberi indahan upa-upa.

 

“Mudah-mudahan nian rasoki natarpayakon ditarimo badan dohot tondi nami dohot manjadi pargogo di hami untuk malaksanahon ibadah haji,” ucap Sofyan.

 

Disamping itu, Sofyan juga minta doanya agar diberi kesehatan dan keselamatan saat menjalankan ibadah haji nantinya. Kemudian saya juga akan berdoa untuk masyarakat Tapsel agar menjadi lebih maju, sehat, cerdas dan sejahtera dimana sesuai dengan visi misi Tapsel sendiri. (Marlis Sikumbabg)

Tinggalkan Balasan