Bupati Kebumen Launching Majalah Kebumen On News,Platform Media Masyarakat Sampaikan Kritik.

Kebumen//Mataelangnusantara.com- Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menyampaikan masukan ataupun kritikan kepada pemerintah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi melaunching Majalah On News, Sebuah platform media cetak yang menyajikan sejumlah program-program pemerintah sebagai wadah komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat

1.Launching Majalah On News di Hadiri sejumlah Pejabat

Di lansir dari Pemkab Kebumen, (15/9/2022) di hadiri Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Jajaran Pimpinan OPD, para Camat, urusan BUMD, Lembaga Pemerintah, serta perwakilan kelurahan dan Desa.

Arif Sugiyanto menyatakan, Bahwa media cetak tersebut masih mempunyai daya tarik tersendiri meski di jaman sekarang sudah serba online akan tetapi media cetak ini juga belum bisa di tinggalkan dan masih punya tempat untuk pembacanya.

“Bagaimana pun media cetak itu juga masih punya daya tarik sendiri ya, jadi meski sekarang semua serba online media cetak ini juga belum ditinggalkan, masih punya tempat bagi para pembacanya. Selain kita publikasikan di medsos, majalah juga kita terbitkan,” ucap Bupati.

2.Sediakan Ruang Bagi masyarakat Untuk Sampaikan kritik atau Saran

Kemudian, Bupati menyampaikan yang perlu di ketahui dalam Majalah tersebut tidak serta merta memuat program pemerintah,akan tetapi pihaknya menyediakan ruang bagi masyarakat untuk melontarkan kritik atau saran terkait kebijakan yang di anggap tidak sesuai, dan bisa menampilkan isi atau persoalan yang terjadi di masyarakat.

“Tidak harus wajah bupati yang di tampilkan di majalah. Masyarakat bisa dimuat di majalah untuk menyampaikan kritik dan saran, silakan. Ada berita atau persoalan yang terjadi di masyarakat silakan diberitakan, atau desa punya potensi apa yang bisa dikembangkan juga bisa dimuat di majalah. Yang jelas pemerintah tak anti kritik,” jelasnya.3.Majalah akan terbit perdana pada (25/9/2022)

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kebumen Budhi Suwanto menambahkan bahwa majalah Kebumen On News terbit satu bulan sekali, dengan jumlah 1000 eksemplar untuk tiap penerbitannya

Sama halnya dengan media yang lain, Budhi menyatakan Majalah Kebumen On News juga tetap memakai kaidah-kaidah jurnalistik dalam setiap penulisannya. Misalnya untuk menentukan tema apa yang akan diusung, lebih dulu harus melalui rapat redaksi yang juga diisi orang-orang yang paham tentang dunia ke Jurnalistik kan.

“Adapun rubik yang disajikan ada beberapa tema, menyangkut tema utama, liputan khusus, kemudian ada rubik ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, pariwisata berupa ragam desa dan lain sebagainnya menyangkut program-program pemerintahan,” ujar Budhi.

4.Tujuan Menampung Keluhan Masyarakat dan di carikan solusi sama pemerintah

Budhi pun membenarkan apa yang disampaikan Bupati, bahwa masyarakat juga diberikan ruang untuk menyampaikan kritik dan saran terhadap kebijakan pemerintah agar benar-benar seimbang. Bahkan menampung persoalan dan keluhan yang dialami masyarakat agar kemudian bisa dicarikan solusinya oleh pemerintah.

“Majalah ini kita didistribusikan kepada masing-masing dinas, instansi lembaga negara baik itu TNI, Kepolisian, Kejaksaan, DPRD, Perguruan tinggi, kantor kecamatan, kantor desa, sekolah, Ormas dan lain sebagainya, serta dibagikan juga ke masyarakat secara terbatas,” terang Budhi seperti di kutip dari Pemkab Kebumen

Ia pun berharap bersama majalah ini bisa semakin berkembang dengan baik, menyajikan informasi secara seimbang sesuai dengan fakta, memperluas ruang dialog, dan kemudian bisa menjadi arsip sejarah tentang kemajuan Kebumen beserta seluruh rakyatnya

( Jandan )

Tinggalkan Balasan