Bupati Tapsel Lakukan Tanam 1000 Bibit Pohon dan Tebar 1500 Benih Ikan di Desa Luat Lombang

TAPSEL-SUMUT//mata elang nusantara.com-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu melakukan penanaman 1000 bibit batang pohon dan penebaran 1500 benih ikan di Dusun Hutaimbaru, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, pada Jum’at (15/12).

 

Penanaman dan penebaran bibit itu dilakukan di pinggiran Sungai Aek Sinanda yang sekaligus dilestarikan oleh masyarakat setempat dengan kearifan lokal lubuk larangan.

 

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pelaksanaan kegiatan penanaman bibit pohon dan penaburan benih ikan tersebut, kiranya di masa mendatang masyarakat lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan.

 

“Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lahan agar nantinya dapat memberikan kontribusi jasa lingkungan yang bernilai tinggi, sehingga indeks kualitas lingkungan hidup dapat meningkat dan ekosistem lingkungan terjaga dengan baik yang pada akhirnya akan menjaga ketersediaan sumber daya air kita di kabupaten ini,” katanya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sipirok untuk lebih giat menjaga lingkungan, dengan tidak menebang pohon sembarangan, lingkungan desa ditanami tanaman agar asri di pandang, kemudian rawat pekarangan dengan baik.

 

“Tanam yang bisa menyerap air seperti durian, cempedak, bambu beringin, aren, dan juga buah-buahan lainnya, termasuk Toga yang akhir-akhir ini kita galakkan,” ajak Dolly.

 

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapsel, Ongku Muda Atas Sormin menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya konservasi sumber daya air dan pelestarian habitat sungai.

 

“Adapun bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.000 batang yang terdiri dari, pohon beringin putih, alpukat, durian, dan nangka. Sementara benih ikannya, terdiri dari ikan nila (1.000 ekor), ikan mas (300 ekor), dan ikan jurung (200 ekor),” terang Ongku.

Disisi lain, masyarakat mengapresiasi kegiatan tersebut, seperti diungkapkan tokoh masyarakat setempat, Mangatas Simanjuntak, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Tapsel dan seluruh pihak yang terlibat pada penanaman pohon dan penebaran ikan di tempat mereka.

 

“Terima kasih pada Pak Bupati yang telah melakukan penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan. Saya mewakili masyarakat, berharap mari kita jaga apa yang sudah dilakukan Pemkab Tapsel dan seluruh pihak di desa kami ini,” ucapnya.

 

Turut hadir, Kadis Perikanan Tapsel, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Camat beserta Forkopimcam Sipirok, Kades Luat Lombang, Ketua Yayasan Ekosistem Lestari, Mewakili PT. AR, PT. NSHE, perwakilan UGNP dan UIN Padangsidimpuan, Pemerhati Lingkungan Hidup Tapsel, dan Masyarakat Desa Luat Lombang. (Marlis Sikumbang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *