Diikuti Ribuan Peserta, Kapolda Riau Hadiri Exhibition Photo Cooling Sistem Pemilu 2004 di Living World

Pekanbaru – Kapolda Riau, Irjen M Iqbal membuka secara resmi exhibition Photo cooling system Pemilu Damai 2024 di Mall Living World, Kota Pekanbaru, Selasa sore (5/3/2024).

 

Dalam pameran ini ditampilkan sekitar 200 foto karya jurnalistik dan umum yang mengikuti Lomba Karya Jurnalis (LKJ) Polda Riau. Foto-foto yang ditampilkan merupakan foto yang sudah masuk penilaian juri dari 1.000 lebih foto yang diikuti sertakan.

 

Kapolda Riau, Irjen M Iqbal mengatakan, Polda Riau menyelenggarakan LKJ untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saya kira ini merupakan suatu unit sekaligus refreshing bagi kita semua sudah sejak beberapa bulan yang lalu kita melakukan proses manajemen pengamanan ketertiban masyarakat di dalam era kontestasi Pemilu. Sebagai institusi yang berada di tengah-tengah dinamika sosial masyarakat dan sekaligus menjamin dinamika sosial itu agar tetap aman tertib,” tuturnya.

 

Dijelaskan Iqbal, fungsi media pada pesta demokrasi sangat luar biasa. Sebanyak 20.000 link berita di amplifikasi dan link berita itu mengarah kepada perwujudan Pemilu damai dan kondusif.

“Berbeda-beda tetapi persatuan dan kesatuan bangsa menjadi variabel yang paling penting. Eksebisi foto Pemilu damai Polda Riau 2024 ini adalah foto-foto yang dihasilkan oleh teman-teman kita profesional fotografer jurnalis dan juga polisi-polisi di daerah,” tuturnya.

 

Dengan usainya Pemilu dengan damai, Kapolda Riau mengucapkan terima kasih kepada para awak media yang memiliki peran penting baik dalam pemberitaan dan dokumentasi sejarah demokrasi.

 

“Terima kasih banyak atas semua karya-karya ini dan ini akan di lombakan. Insyallah tanggal 9 Maret ini kita akan membacakan siapa pemenangnya dan ini dinilai oleh juri yang tidak bisa intervensi oleh siapapun. Independen juri ini adalah tidak kaleng-kaleng, jurnalis kawasan senior,” pungkasnya.

 

Sebelumnya Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono mengatakan total ada 2.676 karya yang didaftarkan untuk lomba. Jumlah ini terdiri dari karya tulis sebanyak 418 karya, foto sebanyak 240 karya dan video sebanyak 140 karya.

 

“Sisanya terdiri dari peserta kategori umum dan Polri ,” ujar Kombes Hery, Selasa (20/2/2024) lalu.

 

Diketahui sebelumnya, dalam rangka mewujudkan Pemilu damai 2024, Polda Riau resmi membuka Lomba Karya Jurnalistik pada Rabu (15/11/2024). Pembukaan dihadiri langsung Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Forkompinda Riau. Adapun tema lomba ialah Peran Polri dalam Mewujudkan Pemilu Damai 2024.

Tinggalkan Balasan