Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023: Polres Pesawaran Siap Amankan Perayaan Nataru

Pesawaran-(MEN)Pada hari Kamis, 21 Desember 2023, pukul 07.45 WIB, Polres Pesawaran menggelar acara Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023 di Lapangan Apel Mapolres Pesawaran. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolres Pesawaran, Bupati Pesawaran, perwakilan instansi terkait, serta unsur TNI-Polri dan para tamu undangan.

 

Peserta gelar pasukan terdiri dari berbagai elemen, termasuk Babinsa, Batalyon TWEJ Kompi Senapan A, Lanal Lampung, Pomal Lampung, Brigif 4 Marinir Piabung/BS, serta gabungan Res/Intel, Staf, dan Polsek Polres Pesawaran. Juga turut serta unsur Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas BPBD, serta Pramuka Saka Bhayangkara Kabupaten Pesawaran.

Acara dimulai dengan kehadiran pimpinan apel di lapangan apel, menyanyikan lagu Mars Polri, penghormatan pasukan kepada pimpinan apel, dan laporan serta pemeriksaan pasukan. Selanjutnya dilakukan penyematan pita Tanda Operasi Lilin Krakatau 2023, amanat dari pimpinan apel, pembacaan doa, dan penutupan acara dengan penghormatan kepada pimpinan apel serta menyanyikan lagu hymne Polri.

 

Dalam amanatnya, Kapolres Pesawaran, AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.IK., M.M., menggarisbawahi pentingnya Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 sebagai persiapan akhir untuk memastikan kelancaran pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di seluruh Indonesia.

 

Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran perayaan Nataru, Kapolres menyoroti peningkatan mobilitas masyarakat yang diprediksi meningkat 143.65% dari tahun sebelumnya, serta adanya masa kampanye Pemilu 2024 yang dapat meningkatkan potensi kerawanan.

 

Operasi Lilin 2023 akan melibatkan 129.923 personel TNI-Polri serta stakeholder lainnya, dengan penempatan di 1.668 pos pengamanan dan 670 pos pelayanan. Kapolres juga menekankan pada pengamanan lalu lintas, pengamanan lokasi ibadah, antisipasi terorisme, pengamanan malam tahun baru, pengaturan distribusi petasan, patroli rutin, serta kesiapan tanggap bencana.

 

Selain itu, dalam pengamanan Nataru, disosialisasikan tentang pembatasan operasional angkutan, pengaturan arus lalu lintas, pengawasan distribusi pangan dan BBM, hingga penggunaan command center yang terintegrasi untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Kapolres juga menekankan pentingnya sinergi dan solidaritas antara seluruh elemen yang terlibat dalam operasi ini. Ia mengakhiri amanatnya dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat serta mengajak seluruh personel untuk menjaga kesehatan dan menjadikan tugas pengamanan Nataru sebagai ladang ibadah.

 

Acara Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023 berlangsung dengan khidmat dan semangat untuk memastikan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.(Fr)

Tinggalkan Balasan