Helikopter Super Puma Akan Di Naik Oleh Presiden Jokowi Mendarat di Mubar, Kolut, Konawe

Mataelangnusantara.com || Kendari, – Helikopter Super Puma yang akan dinaik oleh Presiden Jokowi telah mendarat di Mubar, Konawe, Kolut, Sulawesi Tenggara.

Selain itu jelang kunjungan Presiden Joko Widodo, adapula helikopter Caracal milik Squadron 8 TNI Angkatan Udara dalam pendaratan pada Sabtu (11/05/2024) tersebut.

Helikopter itu misalnya terpantau saat melakukan cek rute sekaligus pendaratan di helipad Bendungan Ameroro, Konawe, Provinsi Sultra.

Salah satu dari tiga helikopter tersebut berwarna merah putih dengan logo bintang emas di badannya yang dikabarkan akan ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Helikopter terpantau mengudara bertepatan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto Andap Budhi Revianto mengecek persiapan peresmian Bendungan Ameroro.

Andap didampingi Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dan Kepala BWS Sulawesi Wilayah IV Kendari saat pengecekan persiapan itu.

Bendungan Ameroro dijadwalkan diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa (14/5/2024) mendatang.

Dalam pengecekan kesiapan peresmian Bendungan Ameroro, Presiden dikabarkan akan menumpang helikopter menuju Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dari helipad bendungan.

Hingga akhirnya mendarat di Lapangan Aspirasi Lasusua, Kantor Bupati Kolut, Provinsi Sultra.

Lapangan ini dikabarkan menjadi landasan mendarat atau helipad helikopter Presiden Jokowi saat berkunjung ke Kolaka Utara.

Salah satu warga, Arina, mengaku, antusias ingin melihat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Kolut.

<span;>Meski dari kejauhan, katanya, dia sudah melihat sejumlah helikopter yang salah satunya dikabarkan akan membawa Kepala Negara dalan kunjungan ke daerah tersebut.

“Kapan lagi melihat Bapak no 1 di Indonesia datang ke Kolut Lasusua,” katanya kepada TribunnewsSultra.com.

Selain helipad Bendungan Ameroro Konawe dan Lapangan Aspirasi Kolaka Utara, helikopter juga mendarat di Bandara Sugi Manuru, Muna Barat, Sulawesi Tenggara, Sabtu (11/5/2024).

Helikopter Super Puma berwarna merah putih yang akan ditumpangi Presiden Jokowi.

Demikian pula helikopter Caracal TNI AU dengan motif loreng hijau tua dan hijau muda.

Momen pendaratan heli di Bandara Sugi Manuru, Muna Barat, Provinsi Sultra, itupun beredar dalam video viral di media sosial.

Momen pendaratan heli di Bandara Sugi Manuru, Muna Barat, Provinsi Sultra, itupun beredar dalam video viral di media sosial.

Iya kak Bandara Sugi Manuru, Kabupaten Muna Barat,” kata Ulyana Ekawati yang mengunggah video tersebut di akun Facebooknya.

Persiapan Kunjungan di Konawe

Berdasarkan informasi diterima mataelangnusantara.com, perkiraan cuaca di hari Selasa menjadi atensi jelang kunjungan Presiden Jokowi di Konawe, Sulawesi Tenggara.

Begitupun rute perjalanan darat yang kabarnya akan ditempuh Presiden Jokowi dari Kota Kendari.

Pada Sabtu (11/05/2024), Polres pun sudah menggelar apel kesiapan pasukan dalam rangka kunjungan Kepala Negara untuk meresmikan Bendungan Ameroro.

Apel kesiapan dipimpin Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, dan diikiuti Wakapolres Kompol Jamaluddin Saho.

Selain itu, para Kabag dan Kasat, PNPP Polres, dan personel yang tergabung dalam surat perintah pengamanan kunjungan Presiden RI.

Dalam kesempatan itu, AKBP Ahmad Setiadi, menjelaskan, Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Ameroro.

Dalam rangka kunjungan Kepala Negara ke Kabupaten Konawe, kepolisian menyiagakan 165 personel jajarannya untuk pengamanan.

Personel tersebut, katanya, sudah dibagi untuk ditempatkan disetiap titik-titik tertentu dalam kunjungan Presiden Jokowi.

Dalam pengamanan kunker Kepala Negara untuk peresmian Bendungan Ameroro, Polres Konawe juga akan dibackup personel Brimob Polda Sultra.

“Langkah ini penting untuk memastikan keamanan, kesiapan, keselamatan, serta lakukan langkah-langkah antisipatif,” kata AKBP Ahmad Setiadi dalam keterangannya.

“Dari berbagai kemungkinan ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan kegiatan Presiden RI wilayah kita,” jelasnya menambahkan.

AKBP Ahmad pun meminta setiap personel yang sudah ditugaskan untuk kegiatan pengamanan agar melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Melaksanakan kegiatan pengamanan sesuai dengan petunjuk yang sudah diarahkan oleh pimpinan,” ujarnya.

“Sampai nantinya rombongan Bapak Presiden Republik Indonesia kembali dari lokasi kegiatan dalam keadaan aman dan kondusif,” katanya menambahkan.

Usai apel, Kapolres Konawe mengecek semua kesiapan seperti kelengkapan kendaraan dinas, peralatan Dalmas, dan peralatan lainnya yang akan digunakan dalam pengamanan ini.

Persiapan di Kendari

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu (12/05/2024) petang.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja disejumlah kabupaten/ kota se-Provinsi Sultra selama tiga hari dua malam.

Selain Kota Kendari, Kepala Negara akan berkunjung ke Kabupaten Muna Barat (Mubar) dan Muna.

Meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe hingga menyambangi.

Apel gelar pasukan beberapa jam jelang kunjungan Presiden tersebut dipimpin Danrem 143/Haluoleo Brigjen Raden Wahyu Sugiarto.

Apel yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi atau Sekda Sultra, Asrun Lio digelar di Lapangan Eks MTQ Kendari.

Hadir pula pimpinan TNI/Polri dan instansi lingkup pemerintah provinsi (pemprov)

Apel gelar pasukan tersebut untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan atau Satgaspam VVIP.

Baik kesiapan personel yang melakukan pengamanan, materiil, maupun sarana pendukung lainnya.

Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto meminta agar personel menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” katanya.

Diapun berpesan agar setiap personel menghindari sikap arogan selama melakukan pengamanan kunjungan Presiden RI.

Sebelumnya, Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, menyebut, kunjungan Presiden Jokowi ke daerah yang dipimpinnya tersebut dimajukan dari jadwal sebelumnya.

Bachrun mengatakan awalnya Kepala Negara dijadwalkan datang pada Selasa (14/5/2024), namun dimajukan jadi Senin (13/5/2024).

“Jadwal awal hari Selasa, 14 Mei 2024, dimajukan Senin, 13 Mei 2024,” kata Bachrun pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Meski begitu, Bachrun menyebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna sudah siap menyambut lawatan Presiden Jokowi.

“Pemda Muna sudah siap. Meski dimajukan, tetap kita siap,” ujarnya.

Pada Sabtu (11/05/2024), Penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto pun mengecek persiapan peresmian Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe.

Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berlokasi di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, tersebut pada Selasa (14/05/2024).

Andap didampingi Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dan Kepala BWS Sulawesi Wilayah IV Kendari dalam pengecekan tersebut.

Sebelumnya, Andap membenarkan rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi ke sejumlah kabupaten/ kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), pada 13-14 Mei 2024.

Daftar daerah yang akan dikunjungi Presiden Joko Widodo yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kolaka Utara (Kolut), Muna, hingga Muna Barat (Mubar).

Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari ke wilayah daratan hingga kepulauan Provinsi Sultra via Bandara Haluoleo, Konawe Selatan (Konsel).

“Sejauh ini teragenda seperti itu, termasuk ke Kendari,” kata Andap dikonfirmasi mataelangnusantara com pada Kamis (09/05/2024).

Namun Andap belum merinci jadwal dan agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Sulawesi Tenggara tersebut.

Rencana kunker Kepala Negara di Provinsi Sultra itupun sudah disampaikannya saat memimpin rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemprov.

<span;>Salah satu agenda kunjungan Presiden Jokowi tersebut untuk meninjau sekaligus memimpin peresmian Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe.

Persiapan Kunjungan di Kolaka Utara

Masyarakat Kolaka Utara pun nampak begitu antusias melihat persiapan penjagaan di Lapangan Aspirasi Lasusua.

Dari unggahan Facebook @kurir Awal Samudra terlihat detik-detik persiapan landasan helikopter yang dijaga sejumlah personel TNI.

Persiapan tersebut dilakukan di Lapangan Aspirasi yang berada di atas Kantor Bupati Kolaka Utara, Kecamatan Lasusua, Sultra.

Salah satu warga, Arina mengatakan antusias ingin melihat Presiden Jokowi dalam kunjungannya Kolaka Utara.

Ia mengungkapkan walaupun dari jauh namun sudah melihat beberapa helikopter yang nanti salah satunya akan membawa Presiden.

“Belum tahu juga dalam rangka apa pak Presiden datang ke Kolut,” tambahnya. 

Editor : MEN04

Tinggalkan Balasan