Jaga Budaya Jawa, Bang Tito Hadiri Larung Sesaji Gunung Kombang Pantai Ngliyep

Caption : Bang Tito (Tengah) saat ikuti prosesi Larung sesaji di Gunung Kombang Pantai Ngliyep Kabupaten Malang.

 

MALANG JATIM | mataelangnusantaracom – Pada setiap tahunnya, PD. Jasa Yasa selaku pengelola Pantai Ngliyep bersama masyarakat melaksanakan Larung sesaji yang mengambil lokasi di Gunung Kombang. Dalam perhelatan tahunan ini, turut hadir Dwi Indrotito Wahyono, S.H Ketua DPC Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Malang Raya. Minggu (01/10/2023)

 

Menurut pria yang berprofesi sebagai Advokat ini, Larung sesaji yang dilaksanakan di Gunung Kombang Pantai Ngliyep Kabupaten Malang ini harus terus dilestarikan dan harus lebih dikembangkan lagi dalam konsep pelaksanaannya.

 

” Pantai Ngliyep ini bukanlah pantai biasa, buktinya Presiden pertama RI Ir. Soekarno pernah singgah dan juga sempat membuat puisi tentang keindahan Pantai Ngliyep ini “.

 

Di tahun ini adalah pelaksanaan Larung sesaji Gunung Kombang Pantai Ngliyep yang ke 114. Hadir dalam giat tersebut, perwakilan PD. Jasa Yasa, tokoh dan masyarakat Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

 

Bang Tito juga menambahkan akan terus mendukung upaya pelestarian budaya dan mengajak masyarakat untuk ikut pula berperan aktif dalam pelaksanaannya.

 

” Dalam kesempatan ini saya mengajak khususnya generasi milenial dan Gen Z untuk mau mengambil banyak peran dalam acara atau kegiatan yang mengandung seni budaya peninggalan nenek moyang kita “. Ungkap Ketua DPC GANN Malang Raya ini.

 

Tidak lupa selaku warga Kabupaten Malang, Bang Tito juga mendorong Pemda Kabupaten Malang untuk dapat terjun langsung dalam event – event seperti Larung sesaji ini.

 

” Jika ada kemauan keras dari Pemda setempat, Larung sesaji ini bisa dimasukkan kedalam kalender wisata. Tentu saja event ini harus di kemas dan diinformasikan secara berkala ke masyarakat luas. Sehingga akan menyedot kunjungan wisatawan, dimana dari segi pendapatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan naik serta pelaku UMKM di Pantai Ngliyep ini juga akan terdongkrak perekonomiannya.” Pungkas Bang Tito. (Junaedi)

Tinggalkan Balasan