Jelang Nataru, Polres Batang Siapkan Pospam dan Posyan

Batang – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, Satuan Lalu Lintas Polres Batang telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk memastikan kamseltibcarlantas berjalan aman dan lancar bagi pemudik.

 

Menurut Kasatlantas Batang AKP Wigiyadi, persiapan telah dimulai dengan menetapkan lokasi pos pengamanan (Pospam) di titik-titik rawan seperti Kandeman, Alas Roban, Rest Area 379A, Rest Area 360B, dan Exit Tol di Kecamatan Warungasem.

 

Kabupaten Batang menjadi fokus utama karena terdapat dua jalur besar, yakni Jalan Tol dan jalan arteri pantura.

 

AKP Wigiyadi menekankan bahwa pengendara harus berhati-hati, terutama saat melintasi daerah Batang pada kondisi hujan, dan harus mengurangi kecepatan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

 

“Titik rawan lainnya adalah jalur arteri pantura dari Kota Batang hingga Kalikuto dengan panjang 53 km, terutama terkena ancaman genangan air saat hujan deras di wilayah Tulis dan di depan Rumah Sakit QIM,”ungkap AKP Wigiyadi, Jumat (15/12/2023).

Untuk antisipasi, Polres Batang juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang menyediakan pompa air

untuk mengatasi banjir saat hujan deras.

 

“Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan selama libur Nataru, telah disiapkan rekayasa jalur alternatif guna menjaga kelancaran lalu lintas,”jelasnya.

 

AKP Wigiyadi juga menyampaikan bahwa pada H-3 sebelum hari Natal, kendaraan sumbu tiga, kecuali truk pengangkut sembako dilarang melintas.

 

“Sesuai arahan dari Ditlantas Polda Jateng, H-3 kendaraan sumbu tiga, kecuali truk pengangkut kebutuhan sembako, untuk sementara dihentikan, hingga H+3 Nataru,” tegasnya.

 

Oleh karena itu, bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan diharapkan memperhatikan kondisi kendaraan, kesehatan pribadi dan lebih berhati-hati saat mengemudi karena memasuki musim hujan.

 

“Saya imbau bagi pemudik untuk tidak memilih waktu mudik yang bersamaan demi menghindari penumpukan kendaraan di Jalan Arteri Pantura dan Jalan Tol,” imbaunya.

 

Tim gabungan dari Polres Batang, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Batang akan diterjunkan di Pos Pelayanan, sedangkan di Pospam akan ada tim gabungan dari Polres Batang, TNI, dan Dinas Perhubungan.

 

Dengan langkah-langkah antisipasi yang telah dipersiapkan, diharapkan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Batang dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pengguna jalan raya. (Bam’s)

Tinggalkan Balasan