Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton Paparkan Capaian Kinerja Polsek Jajaran Dalam pengungkapan Berbagai kasus 

DUMAI – Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si memaparkan capaian kinerja, serta keberhasilan Polres Dumai beserta Polsek Jajaran dalam pengungkapan berbagai kasus menonjol yang menjadi atensi publik sepanjang tahun 2023, Kamis (28/12/2023) di Gedung Citra Waspada Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

 

Pada pelaksanaan Press Release Akhir Tahun 2023 Polres Dumai, dengan didampingi Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M dan Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H serta turut menghadirkan para Pejabat Utama Polres Dumai dan Kapolsek Jajaran Polres Dumai, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menyajikan data jumlah gangguan Kamtibmas yang terjadi diwilayah hukum Polres Dumai mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Kapolres Dumai menjelaskan bahwa selama tahun 2023, gangguan Kamtibmas diwilayah hukum Polres Dumai mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun 2022. Pada tahun 2022, terdapat 519 jumlah tindak pidana (JTP) dengan penyelesaian tindak pidana (PTP) sebanyak 451 kasus. Sedangkan pada tahun 2023, jumlag tindak pidana mengalami penurunan sekira 39 menjadi 480 kasus dengan penyelesaian tindak pidana sebanyak 409 kasus.

 

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Kapolres Dumai, tercatat sepanjang tahun 2023 kasus Pencurian dengan Pemberatan (Curat) menempati posisi terbanyak yakni sebanyak 79 kasus. Diikuti kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkoba sebanyak 68 kasus dan Tindak Pidana Pencurian sebanyak 49 kasus.

 

Untuk kasus-kasus menonjol atau atensi sepanjang tahun 2023, jajaran Polres Dumai juga berhasil mengungkap kasus Pembunuhan, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Illegal Logging atau Pembalakan Liar, Pengancaman dan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

 

“Artinya, ada perubahan tren. Meski demikian jajaran Polres Dumai terus melakukan upaya pencegahan dan pengawasan yang maksimal, upaya tersebut sejalan dengan berlangsungnya tahapan Pemilu 2024 guna menjaga situasi Kamtibmas di Kota Dumai tetap aman dan kondusif serta tingkat kerawanan selalu menurun sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

 

Dilanjutkan Kapolres Dumai, upaya pencegahan dan pengawasan yang dilakukan, yakni dengan memetakan wilayah dan waktu rawan terjadinya tindak kejatahan. Untuk wilayah rawan masih kerap terjadi di wilayah perumahan, jalan umum serta pertokoan dan waktu rawan kejadian dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

 

Meski demikian, ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Dumai untuk tetap waspada ketika beraktivitas diluar rumah, terutama saat berada diwilayah dan waktu rawan terjadinya tindak kejahatan. “Jika ada yang menemukan hal-hal yang mencurigakan silahkan langsung sampaikan kepada Polres Dumai dan Polsek Jajaran agar kita tindaklanjuti dengan tujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas,” tegas AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

 

Sementara untuk tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang berhasil diungkap sepanjang tahun 2023 sebanyak 68 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 87 orang. Adapun total barang barang bukti Narkotika yang diamankan berupa Narkotika Bukan Tanaman Jenis Shabu sebanyak 174.931,17 gram, Daun Ganja Kering sebanyak 808,33 gram, Pil Ekstasi sebanyak 21.225,5 butir dan H.Five sebanyak 11 butir.

 

Kemudian disampaikan tentang data kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama tahun 2023 sebanyak 99 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 41 orang dan kerugian materiil senilai Rp.302.200.000. Tingginya angka kecelakaan dan fatalitas korban disebabkan oleh banyaknya pengendara yang tidak taat aturan berkendara seperti tidak menggunakan helm, melawan arus hingga berkendara dalam kecepatan tinggi.

 

Tak hanya berfokus pada memaparkan capaian kinerja, serta keberhasilan Polres Dumai beserta Polsek Jajaran dalam pengungkapan berbagai kasus menonjol yang menjadi atensi publik sepanjang tahun 2023. Kapolres Dumai juga menyampaikan sejumlah inovasi dan penghargaan Polres Dumai dengan rincian 6 kegiatan inovasi Polres Dumai (Polres Dumai Hadir) yakni Pembuatan Sumur Bor dan Pompa Air, Pemberian Bantuan Mesin Penyulingan Air Bersih / Air Minum, Program Bantuan Bedah Rumah bertajuk Polres Dumai Berseri (Berbagi Bersama Membangun Negeri), Zakat Profesi, Kampung Tangguh Anti Narkoba ‘Gemar Bertasbih – Gerakan Masyarakat Anti Narkoba, Beriman, Kreatif, Asri, Bersih, Inovatif Dan Harmonis’ dan pemeriksaan kesehatan (medical cek up) personel Polres Dumai.

 

Kemudian sepanjang tahun 2023, Polres Dumai menerima 9 penghargaan yakni penghargaan dari Kapolda Riau kategori peringkat 1 Rekonsiliasi dan Pembuatan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR), penghargaan dari KPPN Dumai kategori terbaik 1 Penyerapan Anggaran Tertinggi Satuan Kerja Besar, penghargaan dari Seroja Award KPKNL Dumai kategori tertinggi 2 Frekuensi Lelang Non Eksekusi Tertinggi dan kategori Peer Collaboration KPKNL Dumai, penghargaan dari Kapolda Riau kategori juara 3 Lomba Layanan Polisi 110 Polres Jajaran Polda Riau T.A. 2023. Penghargaan dari BP2MI kategori Penanganan Pencegahan Penempatan Illegal Pekerja Imigran Indonesia di Provinsi Riau Tahun 2023, Juara 3 Lomba Kampung Bebas Narkoba Tingkat Mabes Polri dan penghargaan dari Kapolda Riau kategori juara 1 Kampung Bebas Narkoba tingkat Polda Riau.

 

Diakhir, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat, apabila belum sempurna dalam memberikan pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat Kota Dumai. “Kedepan kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai harapan kita semua”, ujar Kapolres Dumai.(BG)

Tinggalkan Balasan