Kapolri Pastikan Keamanan Malam Tahun Baru Melalui Vicon Dengan Jajaran

Jakarta || mata elang nusantara.com- Malam pergantian tahun selalu menjadi fokus utama pengamanan bagi aparat keamanan. Hal ini juga menjadi perhatian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memastikan kesiapan jajarannya dalam mengamankan perayaan tahun baru. Melalui sebuah video conference (Vicon) yang melibatkan sejumlah Polda di seluruh Indonesia, Jenderal Sigit memantau persiapan keamanan malam pergantian tahun.

 

Tiba di Gedung Promoter, Polda Metro Jaya sekitar pukul 18.55 WIB pada Minggu (31/12/2023), Jenderal Sigit disambut oleh jajaran pejabat tinggi, termasuk Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Wakapolda Brigjen Suyudi Ario Seto. Keberadaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto serta sejumlah tokoh penting lainnya seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menambah kelengkapan rapat menjelang pergantian tahun.

 

Malam itu, Jenderal Sigit secara langsung terlibat dalam pemantauan situasi Kamtibmas bersama jajaran kewilayahan secara virtual. Polda dari berbagai daerah menyampaikan laporan keamanan kepada Kapolri untuk memastikan kelancaran perayaan malam tahun baru.

 

Dalam upaya pengamanan, DIV TIK dan Polda jajaran telah menyediakan 15.459 titik pemantauan CCTV. Di Polda Metro Jaya sendiri, terdapat 20 titik CCTV yang dapat diakses dari Command Center Gedung Promoter PMJ, tersebar di beberapa lokasi strategis seperti Area Patung Kuda, Kantor KPU RI, Bundaran HI, Kantor DPR RI, Gereja Katedral, dan sejumlah lokasi vital lainnya.

 

Terkait perizinan keramaian, Baintelkam Polri dan Polda Jajaran telah menerbitkan 131 izin keramaian. Lebih dari itu, Vicon ini juga difokuskan pada memantau 984 titik kumpul keramaian dengan estimasi partisipasi lebih dari 1,1 juta orang serta melibatkan 44.734 personel untuk memastikan keamanan. Di Wilkum Polda Metro Jaya sendiri, terdapat 84 titik kumpul keramaian dengan partisipasi diperkirakan sekitar 124.400 orang, yang dijaga oleh 2.254 personel keamanan.

 

Upaya-upaya ini menunjukkan keseriusan aparat keamanan dalam memastikan kenyamanan dan keamanan selama perayaan malam tahun baru. Diharapkan, melalui koordinasi yang baik antarlembaga dan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia, malam pergantian tahun dapat berjalan dengan aman dan lancar bagi seluruh masyarakat.(BG)

Tinggalkan Balasan