KKN TEMATIK WASTRA NUSANTARA, BANGKITKAN KEMBALI KAMPUNG JEBLOG MELALUI PELATIHAN BATIK DAN PAMERAN WASTRA

Yogyakarta|| mata elang Nusantara.com-Dalam upaya menghidupkan kembali Kampung Jeblog sebuah desa di Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi di Yogyakarta telah menjadi pusat seni batik kearifan lokalnya sebagai kampung seni, mahasiswa KKN Tematik Wastra Nusantara telah meluncurkan program kerja inovatif di Sanggar Astoetik. Program ini mencakup pelatihan membatik dan pameran wastra, dengan tujuan mendorong perkembangan dan apresiasi terhadap warisan budaya setempat.

Pelatihan Batik Menguak Kearifan Lokal salah satu aspek utama dari program ini adalah pelatihan membatik yang diadakan di Sanggar Astoetik, khususnya untuk ibu-ibu PKK dan remaja masjid (Primma) di Kampung Jeblog. Sebagai warisan budaya Indonesia, seni batik tidak hanya memiliki nilai seni yang tinggi, tetapi juga bernuansa kultural yang kaya. Melalui pelatihan ini, peserta belajar teknik tradisional membatik, mencakup penciptaan motif khas yang merefleksikan identitas Kampung Jeblog, serta proses pencantingan, pewarnaan, pelorodan malam, dan pengelolaan limbah. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan masyarakat, tetapi juga membantu dalam melestarikan kekayaan lokal.

Pameran Wastra Memamerkan Karya dan Proses Pembuatan Setelah menjalani serangkaian pelatihan membatik, masyarakat Kampung Jeblog mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil karya mereka dalam Pameran Wastra. Acara ini, yang merupakan bagian dari program KKN Tematik Kampung Wastra Nusantara, diselenggarakan di Sanggar Astoetik Dusun Jeblog. Pameran tersebut tidak hanya menampilkan beragam motif batik, tetapi juga menceritakan proses pembuatan dan inspirasi di balik setiap karya. Peserta dengan bangga memamerkan hasil karya mereka, yang menjadi bukti perjuangan dan kerja keras selama pelatihan.

Hasil Positif dan Dampak Jangka Panjang Peserta pelatihan membatik KKN UNY di Dusun Jeblog mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan setelah memperoleh pengetahuan tentang seni batik. Mereka merasa terinspirasi dan semakin mencintai budaya lokal setelah mengikuti pelatihan ini. Kisah-kisah unik dan pengalaman berharga selama pembelajaran menjadi bagian berharga dari proses ini. Dengan membuka peluang bagi pengembangan seni dan ekonomi lokal, KKN Tematik Kampung Wastra Nusantara berhasil memberdayakan masyarakat Jeblog melalui pelatihan dan pameran.

Kesimpulan Masa Depan Lebih Cerah Dengan berhasilnya pelatihan membatik dan pameran wastra di Dusun Jeblog, KKN Tematik Kampung Wastra Nusantara membuka pintu bagi peluang baru dalam pengembangan seni dan ekonomi lokal.

“Kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat Jeblog menciptakan dinamika positif yang menjadi pondasi untuk masa depan yang lebih baik dalam melestarikan dan memajukan warisan budaya di Indonesia. Melalui kegiatan ini, diharapkan upaya serupa dapat terus dilakukan untuk mendukung keberlanjutan seni batik dan pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

 

Laporan:Elsa

 

Tinggalkan Balasan