Kopi Indonesia Peringkat Pertama di Mesir

Caption:Duta Besar RI Serahkan Penghargaan Sertifikat Apresiasi kepada Perusahaan Mesir di Alexandria

Pada 21 Maret 2024, Penghargaan Sertifikat Apresiasi untuk Food Land Import & Export and Commercial Agencies diserahkan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan, M. Syahran Bhakti S. kepada Mr. Tamer Nasyat El Hennawwy dan Mr. Ahmed Nasyat El Hennawy, Direksi Food Land Import & Export and Commercial Agencies di Kota Alexandria.

 

Sertifikat Apresiasi adalah penghargaan penting bagi importir produk Indonesia dan juga sarana untuk meningkatkan ekspor produk non-migas ke pasar dunia yang diberikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan RI. Melalui pemberian Sertifikat Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan volume perdagangan bilateral dengan pengakuan komitmen perusahaan Mesir sebagai mitra eksportir produk-produk Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, Duta Besar Indonesia untuk Mesir menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan Food Land atas kerja sama yang telah dilakukan selama ini. Kerja sama di tingkat B-to-B telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk mendorong kerja sama perdagangan antara kedua negara. “Diharapkan kerjasama yang telah terjalin dengan baik akan terus meningkat di masa depan dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Dubes Lutfi.

 

 

Lanjut Dubes Lutfi, KBRI Kairo senantiasa siap memberikan dukungan dalam rangka upaya peningkatan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Mesir.

 

Tamer Nasyat El Hennawy dan Ahmed Nasyat El Hennawy merupakan Direksi dari

Food Land Import & Export and Commercial Agencies sejak 10 tahun telah mengimpor produk tembakau Indonesia dan tiga tahun terakhir mengimpor biji kopi Robusta Indonesia, dan pada 2023 Tamer El Hennawy telah mengimpor lebih dari 1000 ton biji kopi Indonesia dengan nilai USD 3,5 juta atau setara Rp. 53,31 miliar (Kurs1 USD = Rp. 15,803) dan pada 2024 menargetkan untuk mengimpor 1500 ton kopi Robusta Indonesia. Tamer juga menyampaikan akan melakukan ekspansi dagang dengan mengekspor kopi Indonesia ke Aljazair, Libya dan Maroko melalui Mesir.

 

 

Atase Perdagangan KBRI Kairo menambahkan, selain Biji Kopi, Food Land juga berminat untuk mengimpor produk rempah-rempah seperti biji pala, lada putih, lada hitam dan kayu manis dari Indonesia. Sesuai laporan Biro Statistik Mesir (CAPMAS) ekspor biji kopi Indonesia ke Pasar Mesir pada 2023 menduduki peringkat pertama dengan nilai ekspor sebesar USD 92,96 juta (Rp. 1,46 triliun) dengan menguasai pangsa pasar sebesar 42,69% dengan negara pesaing utama yaitu Vietnam dengan nilai ekspor USD 48,07 juta dengan pangsa pasar 22,21% berikutnya adalah Brazil dengan nilai ekspor USD 21,47 juta dengan pangsa pasar 9,92%, disusul oleh India dengan ekspor sebesar USD 12,49 juta dengan pangsa pasar 5,77% dan Italia dengan nilai ekspor USD 6,84 juta dengan pangsa pasar 3,16% dan Ethiopia sebesar USD 6,69 juta dengan pangsa pasar 3,09 %.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *