Pastikan Kepatuhan dan Keselamatan, Dishub Batang Bersama Satlantas Polres  Lakukan Sidak Pemeriksaan Kendaraan Bus

Batang -Pemeriksaan kendaraan bus wisata dilaksanakan oleh pejabat dari Dinas Perhubungan setempat dan Satlantas Polres Batang di Safari Beach di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Batang, Rabu (20/12/ 2023).

 

Pemeriksaan ini adalah bagian dari tindakan keselamatan jalan yang diinstruksikan oleh Kementerian Perhubungan, yang menargetkan untuk memeriksa kendaraan bus antar kota dan bus wisata di seluruh wilayah Indonesia.

 

“Pilihan area wisata sebagai titik pemeriksaan karena bus wisata kerap beroperasi di lokasi tersebut, terutama saat liburan sekolah dan perayaan Natal serta Tahun Baru,” kata Eko Widiyanto, kepala Dinas Perhubungan Batang.

 

Pemeriksaan mencakup berbagai aspek penting, mulai dari kelayakan pengemudi, kelengkapan dokumen bus, hingga kondisi teknis dari bus itu sendiri, yang sangat penting untuk menjamin keamanan penumpang.

Petugas menekankan kondisi fisik bus yang harus memenuhi standard, seperti fungsi lampu dan wiper harus sempurna, serta sistem keamanan yang sudah berada dalam kondisi yang baik.

 

Meskipun demikian, terdapat beberapa bus yang ditemukan memiliki kekurangan seperti kelayakan ban cadangan yang buruk, keausan ban utama yang cukup parah, serta masalah emisi yang dapat berdampak negatif pada lingkungan.

 

“Segera setelah pemeriksaan, rekomendasi perbaikan telah diberikan kepada pengelola bus dan diikuti dengan pengiriman surat hasil pemeriksaan untuk memastikan tindakan perbaikan dilakukan dengan cepat,” imbuhnya.

 

Eko Widiyanto menambahkan, tidak hanya melakukan inspeksi di wilayah wisata, timnya juga mengadakan pemeriksaan langsung di perusahaan otobus yang beroperasi di Kabupaten Batang untuk memastikan kepatuhan dan keselamatan atas bus yang beredar. (Bam’s)

Tinggalkan Balasan