Pemkot Padangsidimpuan Ikuti Rakor Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024 dan Kesiapan Penyelenggaraan PON XXl Aceh dan Sumut Tahun 2024 

Padangsidimpuan-Sumut//mata elang nusantara.com-Acara ini dihadiri oleh Pj. Walikota Padangsidimpuan diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Padangsidimpuan Mohd. Ary Junaidi Dwi P. SE, MM di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis No 7 Kecamatan Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/12/2023).

 

Kegiatan tersebut diikuti Forkopimda Provsu, Kepala Bappelitbang Provsu, Ketua KPU/Bawaslu Sumut, KONI Sumut dan PB-PON Aceh dan Sumut.

 

Juga Sekda Kabupaten/Kota Se-Provsu, Kepala Bappeda, Bappelitbang, Kadis Kominfo, Kadis Pora, Kakan Kesbang Pol Se-Provsu

Plh. Dirjen Politik dan PUM Kemendagri RI, Ir.Togap Simangunsong, M.App,Sc mengatakan Strategi Pemerintah Pusat Menyukseskan Pemilu dan Pilkada di Sumatera Utara Tahun 2024.

 

Dalam paparannya Togap Simangunsong menjelaskan peran Pemerintah pada pemilu dan pilkada 2024 yang aman damai dan demokratis.

 

“Pertama tentu kami dari Kemendagri khususnya menyiapkan data kependudukan yaitu KTP elektronik, berikutnya perlindungan hukum pencetak, kemudian distribusi logistik, bantuan kendaraan operasional, penanganan dan keamanan yaitu linmas benar-benar personil sebanyak dua orang per TPS.”ucapnya

 

Kemudian kebijakan dari pemerintah pusat terkait dengan dukungan Kemendagri menjamin ketersediaan anggaran termasuk pemilu Presiden /Wakil Presiden, Legislatif dan juga Pemilukada yaitu terkait dana hibah APBD.

 

Selain itu Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin juga memaparkan Strategi Kawal (Strategi Antar Wilayah Antar Lembaga) mengenai Pemilu 2024 dan PON XXI Aceh-Sumut.

 

“Dari Strategi Kawal (Strategi Antar Wilayah Antar Lembaga) mengenai Pemilu 2024 adalah kerja sama dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat dan Kab/Kota, KPU, Bawaslu, Aparat Keamanan serta Masyarakat lainnya. Sementara untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024 kolaborasi ini juga dilakukan antara pemerintah Provsu dengan pemerintah pusat dan kab/kota, KONI, Dunia Usaha, Perguruan tinggi, media massa dan masyarakat melalui semangat TIGA SUKSES yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi.” Pungkasnya.

PON XXl/2024 Aceh-Sumut akan di selenggarakan pada tanggal 8-20 September 2024 namun akan di usulkan pada tanggal 25 September s/d 10 Oktober 2024.

 

Pemerintah pusat melalui Kemenpora menerbitkan SK penetapan tuan rumah PON XXl/2024 Aceh – Sumut setelah terlebih dahulu di usulkan oleh KONI pusat yang di lakukan dalam proses pemilihan di rapat kerja Nasional KONI pusat.(Marlis Sikumbang)

Tinggalkan Balasan