Pendekar Banyuasin Unjuk kebolehan di Tournament Pencak Silat Banyuasin Cup

Pangkalan Balai || mata elang nusantara.com– Sebanyak 896 pendekar pencak silat unjuk kebolehan dalam ajang Tournament Pencak Silat Banyuasin Cup II Se-Sumatera / Regional Tahun 2023. Agenda rutin Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuasin ini dibuka langsung oleh Pj. Bupati Banyuasisn Hani Syopiar Rustam, di Graha Diklat Pemkab Banyuasin, Rabu (20/12).

 

Tournamanet pencak silat ini merupakan turnamen regional pertama yang diselenggarakan oleh IPSI Kabupaten Banyuasin. Tercatat kegiatan ini diikuti pendekar dari seluruh Kabupaten/Kota di Wilayah Sumatera Selatan, seperti OKU Timur, Ogan Ilir, Prabumulih, Muara Enim bahkan ada peserta yang berasal dari Provinsi Jambi, sehingga total pendekar yang ikut berlaga di ajang ini hingga mencapai 896 peserta.

 

Hani Syopiar Rustam dalam sambutanya menyampaikan rasa bangganya terhadap peserta yang mengikuti turnamen ini, apalagi peserta didominasi pelajar yang masih anak-anak. “Pencak silat adalah budaya, negara besar pasti melestarikan budaya nya, saya bangga kalian turut melestarikan budaya Indonesia bukan hanya budaya lokal” ucapnya. HSR juga berharap peserta yang ikut perlombaan ini dapat menjunjung tinggi sportivitas karena menang kalah bukan masalah, HSR yakin dimasa depan peserta ini akan menjadi orang besar, karena telah terbiasa ditempa untuk memiliki mental juara.

 

Selain rasa bangga HSR juga menaruh perhatian pada keselamatan peserta yang berlaga, untuk itu beliau berpesan kepada panitia agar seluruh peserta diasuransikan untuk mengcover jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cedera saat pertandingan.

 

Sementara itu,. H.M Yusuf, sebagai Ketua IPSI Banyuasin menyampaikan rasa terimakasih nya atas dukungan pemerintah terhadap IPSI Banyuasin. Bentuk dukungan itu salah satunya berupa akan dibangunnya Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLP) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga. “Alhamdulillah kita akan upayakan bukan hanya satu, tapi ada 2 PPLP, yaitu untuk wilayah perairan dan wilayah darat, agar prestasi pesilat Banyuasin dapat lebih kita tingkatkan lagi” urainya.

 

Dijelaskan H.M Yusuf, untuk peserta dari Kabupaten Banyuasin ajang ini diikuti peserta dari 25 Perguruan Pencak Silat di Kabupaten Banyuasin yang tersebar di 21 Kecamatan. Ditambahkannya kejuaraan ini untuk pertama kalinya digelar dengan menggunakan teknologi digital scoring.

 

 

Dikesempatan tersebutPj. Bupati Banyuasin juga mendapat kehormatan sebagai warga pencak silat dengan disematkan keris pencak silat oleh Ketua IPSI Banyuasin yang diserahan secara seremoni oleh pendekar senior Banyuasin, Bambang Sumadi.

 

Pembukaan Tournament Pencak Silat Banyuasin Cup II Se-Sumatera / Regional Tahun 2023, sebelumnya diselenggarakan pelantikan dan pengukuhan pengurus IPSI Banyuasin periode 2023-2026 yang dikukuhkan oleh Ketua IPSI Provinsi Sumatera Selatan, H. Eddy Santana Putra. Ditemui usai pengukuhan Pria yang akrab disapa ESP ini menyampaikan menunggu prestasi-prestasi yang akan dipersembahkan kepengurusan IPSI yang baru. “Saya tentunya berharap pencak silat Banyuasin dibawah kepemimpinan Pak Yusuf akan lebih maju” tutupnya.

 

Pewarta : Ali

Tinggalkan Balasan