Perk. Dusun Hulu Gelar Sosialisasi Pelatihan Pencegahan & Penanganan Kebakaran Lahan.

Simalungun-Perkebunan Dusun Hulu kecamatan Ujung Padang, kabupaten Simalungun, menggelar kegiatan positif yaitu sosialisasi pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran lahan,. Rabu (05/04/2023).

 

Kegiatan sosialisasi turut dihadiri Hardiman Sihombing. S. STP selaku narasumber dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Batu Bara, Manejer Kebun Dusun Hulu, Basuki. SP dan Karyawan Pimpinan serta Karyawan Dusun Hulu.

Dalam sambutannya Hardiman Sihombing selaku narasumber menyampaikan beberapa hal terkait kebencanaan yang kerap terjadi termasuk kebakaran lahan.

 

“Kewaspasaan kita terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendur. Kita harapkan sebuah rencana pencegahan yang matang, yang detail, sinergi semakin kuat dan eksekusi lapangan yang semakin efektif, ” ucapnya.

 

Hardiman menjelaskan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan yaitu prioritaskan upaya pencegahan, infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai tingkat bawah, mencari solusi yang permanen untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan, penataan ekosistem lingkungan dalam kawasan hidrologi harus terus dilanjutkan dan pengendalian kebakaran sejak dini.

 

Di sela-sela penjelasan yang disampaikan narasumber, Manejer Kebun Dusun Hulu, Basuki. SP mengatakan, butuhnya kerjasama yang solid dengan pihak-pihak tertentu seperti TNI / Polri, perangkat desa ataupun Pemerintah setempat. Edukasi tentang pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan harus terus menerus diberikan kepada masyarakat khususnya karyawan pimpinan dan karyawan Kebun Dusun Hulu.(Andi)

Tinggalkan Balasan