Pimpin Upacara Hardiknas, Bupati Tapsel Kenakan Baju Adat Angkola

TAPSEL-SUMUT//mataelangnusantara.com-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu, menjadi inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di Lapangan Parade Pemerintahan Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Kamis (2/5).

 

Pada peringatan Hardiknas tahun 2024 yang mengangkat tema, “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” ini, Bupati Tapsel mengenakan pakaian adat Angkola.

 

Dalam pidato Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Bupati Dolly Pasaribu menyampaikan, menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

 

Dikatakannya lagi, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar. Namun lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh, semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

Ketika langkah kita mulai serempak, maka kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkannya mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis.

 

“Pada saat pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ujarnya.

 

Disamping itu, saya mengucapkan selamat kepada 1752 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang terdiri dari jabatan fungsional guru sebanyak 1112 orang, dan jabatan fungsional kesehatan sebanyak 640 orang untuk formasi tahun 2023 serta pegawai negeri sipil (PNS) lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) sebanyak 4 orang formasi tahun 2022 yang telah menerima SK secara simbolis.

 

“Berikan kinerja terbaik dalam melaksanakan tugas di unit kerja masing-masing, karena saudara-saudara sekalian adalah orang yang terpilih dan terseleksi untuk menjadi aparatur sipil negara yang profesional dan dituntut untuk bekerja keras, bekerja cerdas, inovatif, dan kreatif, dalam setiap pelaksanaan tugas,” ucapnya.

 

Ia juga berpesan, tunjukkan dedikasi dan loyalitas terbaik dalam bekerja untuk memberikan pelayanan publik yang bermutu, teruslah belajar dan mengembangkan potensi diri karena tugas dan tanggung jawab yang diemban akan semakin berat, ungkapnya.

 

Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh pegawai yang dilantik untuk dapat menguasai tupoksi masing-masing serta aktualisasi diri, tingkatkan prestasi kerja dan pedomani peraturan agar terhindar dari berbagai bentuk penyimpangan yang berdampak negatif bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan kerja bahkan masyarakat secara luas.

 

Selain itu, Bupati Dolly Pasaribu juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 11 siswa yang mengikuti festival tunas bahasa ibu tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023. (Marlis Sikumbang)

Tinggalkan Balasan