Pj Walikota Baubau Telah Buka Expo Hut Kota Baubau Ke 482 dan Hari Jadi Ke 22 Tahun

Baubau ||Mataelangnusantara.com, -Pj Walikota Baubau Telah Membuka Expo Hut Kota baubau ke-482 dan hari jadi Kota ke-22 sebagai daerah otonomi di tahun 2023, Kegiatan Hari Ulang Tahun Kota diberi nama Haroana Baubau, di Kotamara (11/10/2023).

 

“Dalam sambutan Pj Walikota Baubau, Rasman Manafi, S.P., M. Si kegiatan Expo ini bakal dimeriahkan oleh kolaborasi Pemerintah dan UMKM, Setiap stand pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Baubau berkolaborasi dengan 2 UMKM yaitu Nasi Bakar imbol dan Maymanga. Kolaborasi tersebut mengharapkan masyarakat dalam hal ini bukan menjadi penonton dalam mengisi pembangunan di Kota Baubau namun juga sebagai pelaku usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

 

“Pembukaan acara HUT dirangkaikan dengan melakukan kunjungan ke stand salah satunya Dinas Perhubungan Kota Baubau, beliau sangat mengapresiasi bahkan memberikan penilaian 100 yang tercatat dalam buku tamu stand, hal ini didasarkan karena OPD Dinas Perhubungan untuk terus melaju untuk transportasi maju tidak dapat bekerja sendiri harus melibatkan sektor terkait serta keterlibatan insan perhubungan lainnya. “Imbuhnya.

 

Kadis perhubungan Kota Baubau Arlis, S.Pd., M. Pd dan seluruh jajarannya sangat menyambut antusias kehadira Pejabat Wali Kota dan berkomitmen untuk mewujudkan moto perhubungan demi kesejahteraan masyarakat dengan melakukan gerak cepat.

 

Demikian dikatakan ketua panitia Baubau expo kolaborassi UMKM tahun 2023 La Ode Aswad, S.Sos, M.Si yang juga Plh Sekda Kota Baubau.

 

Menurut La Ode Aswad, Baubau expo kolaborasi UMKM tahun 2023 diikuti oleh 90 UMKM dengan jumlah stand sebanyak 44 yang terdiri dari 33 OPD, 8 Kecamatan, 2 BUMN/BUMD yakni Telkomsel dan PDAM Kota Baubau dan 1 stand yang diperuntukkan penjagaan keamanan Baubau expo yaitu Pol PP Kota Baubau. Selain itu, dalam Baubau expo kolaborasi UMKM kali ini juga diikuti oleh Pemkab Wakatobi.

Besarnya animo para pelaku UMKM diharapkan semua omset UMKM akan meningkat satu juta rupiah per malam dibandingkan Haroana Baubau tahun 2022 lalu yang hanya berada pada kisaran tujuh ratus lima puluh ribu per malam.

 

Sementara itu, dalam rangkaian perayaan Haroana Baubau tahun 2023 kata La Ode Aswad, selain Baubau expo kolaborasi UMKM, juga digelar beberapa kegiatan pendamping diantaranya layanan konnsultasi gratis oleh Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Baubau, khitanan massal dan aksi donor darah. Kemudian, beberapa kegiatan utama seperti pagelaran dan lomba seni, karnaval budaya, sidang paripurna istimewa DPRD, pesona Santiago, upacara hari jadi Baubau dan HUT Kota Baubau, penganugerahan gelar adat, Pekakande-kandea dan malam ramah Tamah.

 

Rasman Manarfi mengungkapkan, akan mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Baubau untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kota Baubau. Apalagi, produk Baubau selain memiliki nilai kualitas yang mampu bersaing juga memiliki nilai-nilai peradaban, yang tertanam sudah 482 tahun, sehingga sudah seharusnya bangga dengan produk lokal Baubau sebab kualitas tidak kalah dengan produk-produk import.

 

Dr Muh Rasman Manafi memastikan, dalam pelaksanaan Haroana Baubau 2023 ini akan tetap menggunakaan produk lokal atau produk daerah yang dibanggakan dan festival UMKM selama seminggu ke depan dipastikan menggunakan produk lokal Baubau.

 

Dikatakan, Pemerintah Kota Baubau akan mendesain Kota Baubau, selain di desain untuk layaknya Kota juga ingin dorong menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif dan mengembangkan potensi lokal sehingga Kota Baubau dapat memiliki daya saing dengan daerah lain. “Mari kita sukseskan pelaksanaan Haroana Baubau selama 7 hari ke depan indikatornya tentu kita akan ukur hari ini dan tujuh hari ke depan. Saya seluruh warga Kota Baubau untuk bersatu padu bekerja bersama dengan komitmen dan kerja sama didukung dengan iinovasi dan kreativitas yang tinggi. Saya tahu persis bahwa inovasi dan kreativitas anak-anak Buton. Anak-anak Baubau itu sangat tinggi,”katanya.

 

Ditambahkan, Baubau expo sebagai rangkaian perayaan Haroana Baubau sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan untuk mencapai target-target Pembangunan pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga diharapkan dapat menjadi rutinitas dan dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat di Kota Baubau. Kemudian, tentu tidak terlepas dari komitmen bersama untuk mengimplementasikan tiga dari delapan arahan Presiden RI dalam mengatasi kondisi daerah, pembangunan daerah di seluruh Indonesia diantaranya pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih kepada investasi termaksud kegiatan Haroana Baubau menjadi bagian dalam pengolahan investasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya lebih baik ke depan.

 

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini produk-produk lokal , UMKM sudah mulai bangkit setelah Pandemi yang lalu hampir semua daerah di Indonesia mengalmi keterpurukan dan kekuatan UMKM inilah yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal yang tentunya akan bersinergi dengan wilayah-wilayah sekitar seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.

 

Sementara itu, usai membuka secara resmi Baubau expo 2023, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman, ST mengunjungi seluruh stand-stand peserta Baubau expo termasuk stand Dinas Kominfo Baubau. (MEn03)

Tinggalkan Balasan