Polres OKU Selatan, Buka Pendaftaran Seleksi Anggota Polri Tahun 2024

Muaradua //mata elang Nusantara.com – Polres OKU Selatan membuka pendaftaran seleksi administrasi awal, penerimaan Bintara Polri, dan Tamtama Polri tahun 2024 secara terpadu.

 

Seleksi ini memperoleh dukungan dari beberapa instansi seperti Diskukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Dinas Pendidikan OKU Selatan, dan Rani dari Media ifaktanews.com.

 

Keterlibatan tim eksternal ini, bertujuan untuk memastikan kebenaran dokumen kependudukan dan kelahiran KTP serta KK, yang menjadi salah satu persyaratan pendaftaran bagi calon anggota Polri.

 

Pendaftaran ini memberikan kesempatan bagi sejumlah remaja di Kabupaten OKU Selatan untuk bergabung dengan kepolisian dalam jabatan Bintara Polri atau Tamtama Polri, yang meliputi kalangan PTU Polki, PTU Polwan, Komsus Nakes, Komsus Hukum, Bakomsus TI, dan Tamtama PTU.

 

Jumlah peserta yang terverifikasi sebanyak 199 orang, dimana 148 orang mendapatkan tipe jabatan BA PTU Polki, 24 orang mendapatkan BA PTU Polwan, 7 orang mendapatkan BA Komsus Nakes, 2 orang mendapatkan BA Komsus Hukum, 1 orang mendapatkan Bakomsus TI, dan 17 orang mendapatkan Tamtama PTU.

 

Setelah tahap pendaftaran, para calon anggota Polri akan memiliki kesempatan untuk mengikuti serangkaian tahapan seleksi.

 

Tahapan ini, bertujuan untuk mengetahui kemampuan, kualitas, dan kecocokan para calon anggota Polri, yang akan dipercayakan untuk melindungi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

 

Sekaligus menjaga integritas kepolisian sebagai, salah satu institusi penegak hukum di Indonesia.

Tahapan seleksi ini meliputi tes administrasi, tes kesehatan, tes kemampuan fisik, dan tes psikologi.

 

Seluruh tahapan seleksi tersebut bertujuan untuk menilai kemampuan, kualitas, dan kecocokan para calon anggota Polri dengan tugas-tugas yang akan dipercayakan kepada mereka, ketika sudah masuk menjadi bagian dari kepolisian.

 

Penjelasan yang disampaikan oleh Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho, S.I.K. M.H., mengenai pentingnya menjaga integritas kepolisian, melayani masyarakat secara profesional, serta menunjukkan keseriusan dan kecermatan dalam proses seleksi.

 

“Hal ini, menandakan bahwa Polres OKU Selatan sangat serius dalam menyeleksi para calon anggota Polri, yang akan menjalankan tugasnya di wilayah tersebut,” jelas AKBP Listiyino Dwi Nugroho Kapolres OKU Selatan.

 

Dikatakan, para calon anggota Polri diharapkan memberikan data yang akurat dan valid, termasuk dokumen pendukung dan data pribadi yang diperlukan.

 

“Polres OKU Selatan menyadari betul bahwa, para calon anggota Polri yang terpilih akan menjadi amanah besar dalam melindungi keamanan, dan kenyamanan masyarakat serta menjaga integritas kepolisian,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, Polres OKU Selatan berharap seleksi administrasi awal penerimaan Bintara Polri dan Tamtama Polri tahun 2024, dapat menjadi ajang bagi para remaja yang ingin mengabdi kepada negara dan masyarakat melalui karir di kepolisian.

 

Keseriusan dan kecermatan dalam proses seleksi yang melibatkan pihak-pihak eksternal sangatlah penting, agar terpilihlah para calon anggota Polri yang berkualitas, dan mampu melayani masyarakat secara profesional.

 

“Bagi mereka yang terpilih, ini menjadi suatu kehormatan dan tanggung jawab yang besar untuk melindungi keamanan dan kenyamanan masyarakat, serta menjaga integritas kepolisian sebagai salah satu institusi penegak hukum di Indonesia,” pungkasnya.

 

Reporter: (Rani/ iin)

Tinggalkan Balasan