Rapat Koordinasi Persiapan Distribusi Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Riau

Pekanbaru – Bertempat di Gedung Balai Serindit, Kediaman Gubernur Riau, Jl. Diponegoro Pekanbaru, Pada Rabu,(7/2/24) Pagi, Gubernur Provinsi Riau, bersama Kapolda dan Danrem, Serta KPU dan Bawaslu menggelar rapat koordinasi untuk membahas persiapan distribusi logistik Pemilu Tahun 2024. Rapat ini dilaksanakan di bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara di wilayah Riau.

 

Dalam pembukaan rapat, Gubernur Provinsi Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menyampaikan pentingnya persiapan yang matang dalam menjalankan tugas pemilu serentak. Beliau menyoroti berbagai aspek yang perlu diperhatikan, termasuk sarana-prasarana, kondisi geografis, kelancaran distribusi logistik pemilu, serta kesiapan anggota di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

” Bahwa tugas pemilu serentak ini membutuhkan perhatian yang banyak. Dimulai dari sarana-prasarana, kondisi geografis, kelancaran distribusi logistik pemilu, kesiapan anggota di TPS, pengamanan TPS, Isu politik yang mungkin dapat menganggu keamanan antar warga dan lain-lain, Mengajak petugas yang terlibat untuk memperhatikan pemilih yang ada di daerah jauh dan di daerah yang terlibat banjir,” ujar Gubernur.

 

Tanggapan dari Kapolda Riau Irjen.Pol. Mohammad Iqbal Memberikan apresiasi karena dalam kerjasama ini kita semua menunjukkan bahwa rekan teman-teman semua siap untuk melaksanakan tugas mulia nanti.

 

” Menegaskan kesiapan aparat kepolisian dalam menjalankan tugas pengamanan selama pemilu Walaupun ada kekurangan, laporan yang masuk sudah dalam logika kerjasama yang siap melaksanakan tugas mulia,” ujarnya.

 

Kapolda juga menghimbau seluruh petugas untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis serta menjaga Iman semangat menggelora agar semua yang tidak enak di dalam perasaan sirna karena petugas akan berjuang untuk negara untuk masyarakat dan jaga keluarga masing-masing.

 

“Kami telah melaksanakan acara pemilu damai untuk generasi Z atau pemilih pemula agar pemilu berjalan damai, aman, dan lancar” tambah Irjen Iqbal

 

Sementara itu, Danrem 031/Wira Bima Brigadir Jenderal TNI Dany Rakca Andalasawan menyampaikan apresiasi terhadap KPU atas persiapan yang telah dilakukan, termasuk simulasi dan pengujian.

 

“Kami siap memberikan dukungan keamanan selama pemilu, termasuk membantu pendistribusian surat suara hingga ke daerah terpencil sekalipun,” kata Danrem.

 

Sementara dalam tanggapannya, Ketua KPU ILHAM MUHAMMAD YASIR, SH, LLM, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak terkait distribusi logistik pemilu

 

“kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau yg telah melaksanakan acara pemilu damai bagi generasi Z,” sebut Ketua KPU

 

Mereka juga menjelaskan proses distribusi surat suara menggunakan transportasi darat dan air, Rapat ini menunjukkan kolaborasi yang erat antara pemerintah, TNI-Polri, dan KPU dalam memastikan persiapan pemilu berjalan lancar dan aman.

 

Semua pihak sepakat untuk bekerja sama demi menjaga integritas dan keberhasilan proses demokrasi di Provinsi Riau.

Tinggalkan Balasan