Serap Aspirasi, Sam Tito Ingin Sumber Daya Desa Bisa Bermanfaat Bagi warga

Caption : Sam Tito ditengah-tengah kades sekecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

 

MALANG JATIM | mataelangnusantara.com – terlambat pasti langkah pencalonan indrotito Cahyono, S.H Bupati di tahun 2024 mendatang terus mendapatkan simpati. Kali ini pria yang akrab disapa Sam Tito temui puluhan Kades dari kecamatan poncokusumo kabupaten Malang. Minggu (17/12/2023)

 

Menurut kamu itu dengan menemui perangkat desa khususnya kepala desa (Kades), tak bisa tahu apa permasalahan yang ada di desa tersebut.

 

” Dalam pertemuan atau dialog kali ini ternyata masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh para Kades, salah satunya pemanfaatan tanah kas desa “.

 

Sam Tito pendapat bahwasanya lahan kas desa harus punya manfaat bagi warga desa itu sendiri. Itunya dengan pendampingan dari ahli yang berkompeten soal pengelolaan lahan.

 

” Ini adalah PR bagi Pemda Kabupaten Malang, harusnya pihak Pemda berperan aktif untuk memberikan penyuluhan ataupun pelatihan tentang bagaimana cara pemanfaatan lahan kas Desa agar bisa menjadi lahan produktif “. Ungkapnya.

 

Diskusi atau dialog sendiri dilaksanakan di salah satu rumah makan di daerah kecamatan Pakis data diri kurang lebih 25 orang termasuk Kades dan perangkat desa.

 

Pria yang berprofesi sebagai Advokat ini cupang mengatakan tidak kalah penting Kades harus juga tahu mengenai permasalahan hukum terkait lahan kas desa.

 

” Jika Kades sudah tahu mengenai permasalahan hukum lahan desa, nantinya dalam pemanfaatan lahan Desa tidak akan ditemui lagi adanya penyelewengan ataupun tidak akan ada lagi kates yang terjerat hukum gegara tidak mengerti hukum-hukum ataupun peraturan yang ada atau mengikat dalam pemanfaatan lahan kas desa.” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan