Telah Berakhir Masa Bakti Gubernur Dan Wagub Malut

MATAELANGNUSANTARA||MALUT, – Telah Berakhir Masa Bakti Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara pada Hari ini (10/5/2024) serta Masa jabatan Plt Gubernur Maluku Utara, Yasin Ali akan diperpanjangkan sampai 13 Mei 2024.

 

Bacaan Lainnya

Masa bakti Gubernur Maluku Utara (Malut) nonaktif Abdul Gani Kasuba dan Wakil Gubernur Al Yasin Ali berakhir Jumat, 10 Mei 2024 hari ini. Masa jabatan Plt. Gubernur Yasin Ali dikabarkan diperpanjang hingga 13 Mei, namun siapa penggantinya masih misterius alias belum diketahui.

Seperti diketahui, Pemerintahan Pemprov Malut saat ini dikendalikan Yasin Ali sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur. Ia menggantikan Abdul Gani Kasuba yang non-aktif karena kasus OTT KPK sejak 20 Desember 2023.

Keduanya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada  10 Mei 2019 lalu. Hal itu sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 38/P Tahun 2019 tanggal 11 April 2019. 

Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menunjuk Sekretaris Daerah sebagai pelaksana harian (Plh). Meski begitu, hingga saat ini Pemprov Malut belum menerima pemberitahuan tertulis apapun dari Kemendagri.

“Kami sampai sekarang masih menunggu radiogram dari Jakarta (Kemendagri),”ujar Kepala Biro Adpim Setda Malut, Rahwan K Suamba kepada awak media, di Ternate. Pemprov Malut butuh nama seseorang yang harus butuh kehadirannya untuk mengisi kekosongan orang nomor satu di Pemprov Malut.

Sebelumnya Plt. Gubernur Yasin Ali, saat dikonfirmasi mengaku masa jabatannya diperpanjang hingga Senin, 13 Mei 204. Pertimbangannya, karena ada hari libur panjang. 

“Karena tanggal 9-10 itu libur, jadi mereka (Kemendagri) hitung tiga hari itu tanggal 13 Mei 2024. Yakni pelantikan Penjabat Gubenur,”ucap Yasin di Bella Hotek Ternate, 8 Mei 2024. 

Mantan Bupati Halteng dua periode ini mengaku belum mengetahui siapa yang akan menjabat sebagai Pj. Gubernur Malut, menggantikan dirinya hingga Pilkada 2024. “Sampai sekarang ini masih rahasia, kami belum tahu siapa yang dipercayakan Presiden ke Maluku Utara,”ucapnya.

Editor : MEN04

Tinggalkan Balasan