Viral!!! Medsos Foto DPP PDIP Berikan Surat Rekomendasi La ode Ahmad Monianse Sebagai Bakal Calon Walikota Baubau

MATAELANGNUSANTARA.COM ||KENDARI- DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberi surat rekomemdasi kepada La Ode Ahmad Monianse sebagai Bakal Calon Walikota Baubau.

Adanya foto La Ode Ahmad Monianse yang telah beredar di media sosial beberapa hari lalu akhirnya DPD PDIP Sultra pun angkat bicara melalui Wakil Ketua DPD PDIP Sultra Agus Sanaa perihal viralnya foto tersebut.

Agus Sanaa mengklarifikasi bahwa amplop coklat yang diterima oleh La Ode Ahmad Monianse itu merupakan surat tugas dari DPP PDIP.

“Surat tugas tersebut berisi beberapa poin yang harus dilaksanakan, seperti mencari partai koalisi dan pasangan,” tuturnya.

Kata dia, jika dalam kurun waktu yang diberikan, ia berhasil mendapatkan partai koalisi dan pasangan, maka DPP akan memberikan rekomendasi untuk maju sebagai calon Wali Kota Baubau. Namun, jika tidak berhasil, maka rekomendasi akan diberikan kepada orang lain.

Pasalnya, partai koalisi sangat penting karena saat ini PDIP Baubau hanya memiliki tiga kursi di DPRD Baubau dan kurang dua kursi lagi supaya cukup lima kursi.

Dijelaskan, partai memang memprioritaskan kader, tetapi tidak mutlak. Rekomendasi partai setelah berpasangan akan diumumkan pada awal bulan Agustus untuk didaftarkan di KPU.

Untuk diketahui  La Ode Ahmad Monianse adalah mantan Wakil Wali Kota Baubau yang kemudian menjabat sebagai Wali Kota Baubau. Ia menjabat sebagai Wali Kota Baubau menggantikan AS Tamrin, yang meninggal dunia pada 13 Januari 2022. Monianse melanjutkan sisa masa jabatan AS Tamrin untuk periode 2018-2023.

“Jika berdasarkan ketentuan UU, mereka yang pernah menjadi wali kota tidak bisa turun menjadi wakil wali kota,” katanya.

Sementara itu, La Ode Ahmad Monianse saat dikonfirmasi terkait surat tugas dari PDIP menyatakan bahwa ia masih dalam proses dan berharap semuanya berjalan lancar

“Saya masih berjuang dan belum ingin menjelaskan detailnya. Nanti setelah semuanya selesai, saya akan menjelaskan tentang daftar koalisi dan wakil saya,” ujarnya.

Ketua KPU Baubau, La Ode Supardi, menyatakan bahwa pendaftaran bakal calon Wali Kota Baubau akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2024.

“Untuk pendaftaran akan berlangsung pada tanggal 27-29 Agustus 2024,” ungkapnya. 

Tinggalkan Balasan