Wakapolres Batang, Tegaskan Kesiapan Pos Pengamanan Strategis Nataru

Batang – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Eko Widianto, bersama dengan jajaran Satlantas Polres Batang, telah melaksanakan survei di Jalur Lingkar Gringsing jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

 

Dalam rapat tingkat tinggi (High Level Meeting) yang diadakan sebagai persiapan menyongsong Nataru, Eko Widianto menekankan pentingnya keselamatan di jalur tersebut, yang selama ini kerap menjadi fokus perhatian akibat seringnya terjadi kecelakaan.

 

“Kami sudah melakukan survei bersama dengan jajaran Satlantas ke Gringsing, yang selama ini sering mengalami kecelakaan. Persiapan keselamatan menjadi fokus utama kami menghadapi Nataru,” ungkap Kadishub Batang, Eko Widianto, pada Selasa (19/12/2023).

 

Eko Widianto mengungkapkan bahwa mereka bersama aparat lalu lintas telah melakukan survei di Gringsing, tempat yang kerap menjadi lokasi kecelakaan. Upaya preventif ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kecelakaan yang mungkin terjadi saat arus mudik dan balik Nataru.

 

Salah satu langkah yang diambil adalah memberikan imbauan kepada pengusaha jasa angkutan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin agar kendaraan tersebut dalam kondisi prima saat berpartisipasi dalam arus lalu lintas yang tinggi.

 

“Kami juga telah mengimbau pengusaha angkutan untuk melakukan pemeriksaan rutin. Kesiapan kendaraan sangat penting agar dapat mengurangi risiko kecelakaan selama Nataru,” tambahnya.

Sementara itu, Wakapolres Batang Polda Jateng, Kompol Raharjo, turut menegaskan bahwa kepolisian telah menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan di beberapa titik strategis.

 

Pos – pos ini tersebar di lokasi-lokasi vital seperti Pospam Alun-alun Kabupaten Batang, Rest Area 379, Rest Area 360, Exit Tol Kandeman, Exit Tol Kalibeluk, Pos PAM Roban/Luwes, objek wisata, dan gereja.

 

“Kami siapkan pos pengamanan di titik-titik strategis. Fokus utama kami adalah menjaga keselamatan dan memberikan pelayanan terbaik selama Nataru,” jelasnya. Raharjo menegaskan bahwa jalur lingkar alas Roban menjadi perhatian khusus pihak kepolisian.

 

Kecelakaan yang terus terjadi dalam beberapa hari terakhir di jalur ini menjadi prioritas utama untuk meminimalkan risiko kecelakaan selama periode Nataru. Untuk mengantisipasi kemungkinan arus lalu lintas yang padat, rencana one way atau Contraflow dari pusat telah disiapkan.

 

“Kami serius memperhatikan kecelakaan di jalur lingkar alas Roban. Rencana one way akan diterapkan jika kendaraan penuh, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas,” tegasnya.

 

Dalam menyongsong Nataru 2023, Dishub dan Polres Batang tidak hanya memfokuskan perhatian pada kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas, tetapi juga menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama.

 

Upaya preventif, imbauan kepada pengusaha angkutan, dan pos pengamanan di titik-titik kritis menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dan aparat kepolisian dalam memastikan keamanan selama liburan Natal dan Tahun Baru. (Bam’s)

Tinggalkan Balasan