Jalin Kerjasama Kemitraan, PPWI bersama SKKP Bersilahturahmi ke Kementrian Pertahanan

Jakarta || Mata Elang Nusantara .Com -Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dan Satuan Kerja Kesejahteraan Prajurit (SKKP) melakukan kunjungan silahturahmi ke Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kamis, 14 September 2023. Team PPWI dan SKKP diterima langsung oleh Koordinator Staf Ahli Menteri Pertahanan, Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan, di Gedung Kantor Kemhan RI Lt. 9, Jl. Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

 

Dari PPWI Nasional, selain Ketua Umum Wilson Lalengke, juga hadir Winarsih dan Sem Gombo. SKKP diwakili oleh Direktur Utamanya, Brigjenpol (Purn) Drs. Hilman Thaib Mandagi, Denny Kumentas, dan sejumlah pengurus SKKP lainnya.

 

Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk menjalin dan menjajaki bentuk kerjasama yang dapat dilakukan antara para pewarta warga PPWI dan pengusaha SKKP dengan pihak Kementerian Pertahanan. Hal ini dipandang penting mengingat kekuatan pertahanan sebuah negara amat ditentukan oleh sinergi yang baik dan kuat antar berbagai komponen masyarakat di dalam negara tersebut.

 

Menteri Pertahanan, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, melalui Glenny Kairupan menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran dua elemen masyarakat, PPWI dan SKKP. Menteri mengharapkan pertemuan tersebut menjadi awal terbentuknya jalinan komunikasi dan koordinasi antara Kemhan dengan PPWI dan SKKP.

 

“Dalam kondisi dunia yang semakin kompleks dan saling mempengaruhi satu dengan lainnya saat ini, kerjasama antar semua pihak harus dibangun dan diperkuat. Seluruh elemen masyarakat yang ada di negara ini harus saling bersinergi agar pertahanan dan keamanan serta ketertiban dapat terjaga dengan baik. Kami menyambut baik kehadiran PPWI dan SKKP di Kementerian Pertahanan serta untuk menjadi bagian dari sistem pertahanan negara kita,” ujar Glenny Kairupan kepada team PPWI dan SKKP.

 

Pada kesempatan tersebut, Ketum PPWI mempresentasekan tentang eksistensi pewarta warga yang telah menyebar di seluruh pelosok nusantara. Wilson Lalengke juga menginformasikan bahwa keberadaan dan keanggotaan PPWI saat ini telah melintas ke negara-negara lainnya.

 

“Selain anggota PPWI sudah menyebar di hampir semua wilayah di Indonesia, kita juga sudah memiliki anggota dan perwakilan di lebih dari 20 negara di dunia. Perwakilan PPWI sudah ada Malaysia, Jepang, China, Taiwan, Hongkong, Belanda, Perancis, Libanon, Arab Saudi, Oman, Libya, Mesir, dan beberapa negara di Afrika, Amerika, serta Amerika Latin,” jelas lulusan PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini.

 

Wilson Lalengke juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang membangun jaringan publikasi berskala besar berbasis pewarta warga dengan mengembangkan program sejuta media online. “PPWI saat ini sedang mengimplementasikan program sejuta media online, yakni mendorong dan mendukung para pewarta warga untuk membangun media-media online sebagai media publikasi masing-masing warga. Pola publikasi dan bermedia-massa yang dilakukan oleh para pewarta warga dengan menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik yang baik dan benar akan meminimalisir munculnya pemberitaan asal-asalan dan berita bohong atau hoax,” beber tokoh pers nasional tersebut.

 

PPWI meyakini bahwa pengembangan program sejuta media online merupakan wahana pendidikan bermedia yang baik dan benar serta bermanfaat bagi masyarakat. “Program ini dilaksanakan dengan tujuan membangun kesadaran bermedia-massa di tengah masyarakat, dari pusat hingga ke desa dan perkampungan. Jika program ini dapat dituntaskan hingga ke satuan pemerintahan terkecil di tingkat desa, kelurahan, bahkan ke RT/RW, maka setiap perkembangan dan peristiwa yang terjadi di manapun dapat terdeteksi dan terpublikasi dengan cepat. Misalnya, dalam hal Pemilu 2024 nanti, suasana di TPS dapat dipantau melalui pemberitaan oleh para pewarta warga yang ada di masing-masing TPS. Termasuk hasil-hasilnya dapat diketahui dan terpublikasikan dengan cepat,” tambah Wilson Lalengke.

 

Sementara itu dari SKKP, Hilman Thaib Mandagi menjelaskan tentang berbagai program pengembangan beragam usaha ekonomi kreatif dalam rangka mendukung para purnawirawan prajurit dari TNI dan Polri beserta keluarganya. Tidak hanya itu, SKKP juga selama ini telah banyak terjun dalam program pemberdayaan masyarakat umum, terutama di kalangan ekonomi menengah ke bawah.

 

“Saat ini kita bermitra dengan para pengurus organisasi buruh untuk membantu pemberdayaan para pekerja dan keluarganya,” ungkap Hilman Mandagie yang bertugas di Sespimti Polri sebelum purna tugas itu.

 

Direktur Utama SKKP itu kemudian menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung program-program Pemerintah, khususnya yang menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab Kementerian Pertahanan. SKKP kata Hilman Mandagi dapat mendukung kesejahteraan para prajurit dari banyak sisi, termasuk juga dalam hal kesejahteraan keluarga prajurit di seluruh Indonesia.

 

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan ini diakhiri dengan foto bersama. (APL/Red)

Tinggalkan Balasan