Moment Revitalisasi PKK, Rosalina Dolly Pasaribu Ikuti Rakorda TP PKK Sumut

TAPSEL-SUMUT//mata elang nusantara.com-Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Ny Rosalina Dolly Pasaribu, ikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), TP PKK tahun 2023, tingkat Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Grand Mercure Kota Medan, pada Jumat (13/10).

 

Rakorda tersebut dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin, yang juga dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Sumatera Utara, Ny Dessy Hasanuddin, Kepala Bappeda Tapsel, Chairul Rizal Lubis, Kepala Dinas PMD Tapanuli Selatan Mhd Yusuf, Sekretaris TP PKK Tapsel Ny Evi Parlindungan Harahap, serta Ketua Pokja I sampai 4 TP PKK Kabupaten Tapsel.

 

Rakorda tahun 2023 ini mengangkat tema : “Kader PKK dan 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju”. Dalam kegiatan Rakorda tersebut para Ketua dan Pj Ketua PKK Kabupaten/Kota se-Sumut juga dikukuhkan sebagai Ketua dan Pj Ketua Pembina Posyandu di Daerah Kabupaten/Kota masing-masing.

Ny Rosalina yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa Rakorda itu diadakan untuk menyelaraskan dan mensinergikan program antara TP PKK Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Selain itu menurut ia, Rakorda tersebut juga menjadi ajang forum komunikasi antara PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

 

Terutama, dalam pelaksanaan 10 Program PKK yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hal ini selaras dengan arahan dari Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumut yang berpesan agar hasil dari Rakorda ini dapat dipelajari dan dicermati.

 

“Sehingga hasil dari Rakorda ini dapat diterapkan di wilayah masing-masing,” ujar Rosalina.

 

Sementara, Pj Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin, mengatakan, selain tentang 10 program pokok PKK, rapat tersebut juga membahas mengenai pentingnya peranan PKK terhadap Posyandu. Karena PKK dan Posyandu sama-sama memiliki peran dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak.

 

Lebih lanjut ia juga mengatakan dari 15.712 Posyandu di Sumut, yang aktif hanya 9.650 dan tidak aktif 6.062. Oleh karenanya dalam Rakorda tersebut, dia berpesan agar para Pengurus PKK aktif dalam mengadakan pelayanan Posyandu.

 

Karena hal tersebut dapat membantu menjalankan salah satu program pokok PKK yakni, menurunkan angka Stunting dan menekan angka kematian Ibu akibat melahirkan. Dengan aktifnya Posyandu, harapannya dapat membangun keluarga yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

“Dari Acara Rakorda ini, saya harap kita aktifkan kembali pelayanan Posyandu di daerah kita masing-masing. Sehingga dengan diaktifkannya Posyandu, kita akan dapat membangun keluarga yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” ucap Hasanuddin.

 

Pj Ketua TP PKK Sumut, Ny Dessy Hasanuddin, juga berharap pelaksanaan Rakorda ini dapat menjadi momentum revitalisasi gerakan PKK untuk Sumut Hebat.

 

“Semoga Rakorda ini dapat menjadi momentum revitalisasi gerakan PKK untuk sumut hebat,” tutupnya.

(Marlis)

Tinggalkan Balasan